Home >  Berita >  Peristiwa

5.665 Pelajar Di Serdang Bedagai Tingkat SMP Negeri Ikuti Psikotes Penelusuran Minat dan Bakat

5.665 Pelajar Di Serdang Bedagai Tingkat SMP Negeri Ikuti Psikotes Penelusuran Minat dan Bakat
Kamis, 13 Februari 2020 11:19 WIB
Penulis: Sugiono
SERDANGBEDAGAI-Sebanyak 5.665 pelajar SMP Negeri di Kab.Serdang Bedagai (Sergai) mengikuti psikotes Penelusuran  Potensi Minat dan Bakat yang digelar Dinas Pendidikan Sergai bekerja sama dengan TMC Indonesia.

Hal ini di sampaikan Kadis Pendidikan (Kadisdik) Sergai, Joni Walker Manik saat membuka Psikotest  Penelusuran Minat dan Bakat untuk Kelas VII SMP Negeri se Kabupaten Sergai, bertempat di SMPN 1 Dolok Masihuk, Rabu (12/2/2020).

Menurut Joni Walker, bahwa Disdik Sergai tidak pernah berhenti melakukan inovasi dan terobosan, agar inovasi benar- benar mengarah pada peniningkatan kualitas pendidikan, diperlukan data yang valid dan terukur tentang potensi pendidikan Kab.Sergai terutama potensi peserta didik.

"Database tentang potensi peserta didik, dapat diperoleh melakukan pemetaan psikologis, yang akan mengungkap secara komprehensif tingkat kecerdasan,bakat  minat  dan kelola belajar anak"kata Kadisdik Sergai, Joni Walker Manik.
Ads

Ia menambahkan,pemetaan psikologis  terhadap peserta didik juga sangat diperlukan untuk membantu memberikan pedoman kepada orang tua, guru dan sekolah dalam membina mengasuh dan menumbuh kembangkan potensi anak.

Dengan mempedomani hasil psikotes, orang tua, orang tua guru dan sekolah sejak dini dapat memastikan bahwa anak diasuh dengan pola yang tepat berada dilingkungan yang tepat berada dilingkungan yang tepat di sekolah lanjutan yang dekat dan pada jurusan yang tepat sesuai minat dan bakatnya.

"Dalam hal ini, Dinas Pendidikan Serdang bedagai telah 4 tahun melaksanakan pemetaan potensi kecerdasan, bakat minat dan pola belajar dari 18.135 orang anak di Sergai, dengan demikian ada 18.135 orang tua yang juga telah mendapat panduan dalam menentukan masa depan pendidikan anak,"pungkas Joni Walker Manik. 

Sementara itu, Kabid  Pembinaan SMP, Sujarwo dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah pelajar peserta psikotes dari selurih SMPN se Sergai sebanyak 5.665 orang.

"Hal ini merupakan pelajar kelas VII SMP Negeri se Sergai, pelaksanaan psikotes berlangsung 12 Februari hingga 5 Maret 2020 di masing-masing SMP Negeri,"bilang Sujarwo.

Sujarwo menambahkan, bahwa  kegiatan ini bertujuan  diantaranya untuk mengetahui potensi peserta didik baik dari aspek intelektualitas maupun bakat dan minatnya, sehingga prestasi dan bakat peserta didik dapat dibina dan ditumbuh kembangkan sejak dini secara terencana dan kerkelanjutan serta menekan angka pengangguran akibat peserta didim salah memilih jurusan.

Senada dikatakan, Direktur TMC (Taslim Media Consultant) Indonesia,Taslim Moeis usai pembukaan mengatakan, "psikotest ini dilaksanakan di 39 SMP Negeri se kabupataen Sergai, kerjasama Disdik Sergai dan TMC Indonesia"tutup mengakhiri kata sambutan.

Dalam kegiatan ini turut hadir,   Sekretaris Disdik Batara Rival Harahap, Direktur TMC Indonesia,Taslim Moeis yang juga Konsultan Pendidikan Sergai, Kabid SMP Sujarwo, Kabid PTK Pujiono , Kepala SMPN I Dolok Masihul Fitrianti MSI, para  Korwil Pendidikan Kecamatan  dan  para Kepala SMPN se Sergai.*
www www