KARO-Terjadinya Kerusuhan di Rutan Kls II B Kabanjahe yang hampir menghilangkan nyawa warga binaan dan melahap semua bagunan Rutan tersebut, tidak ada korban jiwa dalam kericuhan tersebut. Sebanyak 410 warga Binaan yang terdiri dari 30 perempuan dan 380 laki-laki keseluruhanya telah dievakuasi oleh TNI dan Polri.

Kerusuhan yang berujung dengan pembakaran Rutan Kls IIB Kabanjahe Tanah Karo, terjadi akibat adanya gesekan antara warga Binaan yang diketahui diduga pemicu dari kerusuhan tersebut , bermula dari 4 orang warga Rutan Kls IIB Kabanjahe yang tertangkap tangan memiliki sabu-sabu dan melibatkan dua orang pegawai sipir Rutan beberapa waktu yang lalu berbuntut panjang.

Disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Sumatera Utara (Menkumham) Sutrisman, Wakapolres Karo Kompol Hasian Pangabean serta Kabag Keamanan Rutan Kls IIB Kabanjahe Ir.jhonson Perangin -angin Rabu, (12/20/2020) pukul 14.00 WIB kepada sejumlah wartawan, penyebabnya ricuh adanya link persoalan - persoalan terkait Narkoba dan akan segera melakukan intevigasi serta internal menkumham.

Masih banyaknya persoalan - persoalan yang akan diintevigasi, karena beberapa waktu yang lalu adanya masalah narkoba, adanya hal tentang pemborgolan warga binaan itu terkait aturan bagi yang melakukan pelanggaran.

"Sepertinya ada keterkaitan dengan masalah Narkoba dan untuk itu telah diserahkan kepada pihak kepolisian untuk diintrogasi", ujarnya.

"Langkah - langkah yang akan dilakukan, malam ini warga Binaan Rutan Kls IIB Kabanjahe yang Sudan Inkrah akan dimutasi. sementara Kategori dan Status AI dalam sidang atau tahanan kepolisian, A2 tahanan kejaksaan, A3 proses pradilan akan tinggal, karena tidak semua bangunan yang terbakar," terang Sutrisman.

"kerugian materi belum bisa ditaksir besok Tim dari Jakarta akan turun, untuk dokumen-dokumen yang terbakar kita mengunakan digital, data-data masih ada buckup data dipusat dan nama-nama penghuni Rutan Kls IIB Kabanjahe sudah ada, untuk internal akan dilakukan apabila ada yang melanggar SOP, " terangnya.

"Dan dihimbau kepada masyarakat Keluarga warga binaan rutan Kls IIB Kabanjahe, agar tetap tenang dan sementara ditiadakan ruang kunjungan karena kondisi," tutupnya.