Bupati Asahan Harapkan MTQ Dapat Menjadi Media Dakwah dan Syiar Keagamaan

Bupati Asahan Harapkan MTQ Dapat Menjadi Media Dakwah dan Syiar Keagamaan
Pelepasan balon oleh Bupati Asahan menandakan MTQ ke 51 tingkat Kabupaten Asahan tahun 2020 telah dibuka
Rabu, 12 Februari 2020 01:05 WIB
Penulis: Bayu Sahputra
ASAHAN-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan program Nasional yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi Hingga Nasional.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya menggalakkan semangat masyarakat di setiap wilayah untuk lebih mencintai Al Quran. Oleh karena itu, dalam setiap pelaksanaannya diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat untuk berbondong-bondong menghadiri event tahunan tersebut.

Selasa, (11/2/2020) di lapangan sepakbola, Divisi I, Kuala Piasa, Desa Tinggi Raja, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan hampir tak mampu menampung animo ribuan masyarakat yang hendak saksikan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020.

Dalam gelaran yang dibuka langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, B.Sc tersebut tampak hadir Forkopimda Asahan, Anggota DPRD Propsu, Para Asisten, OPD, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Kakan Kemenag, Camat se-Kabupaten Asahan, Dewan Hakim MTQ, Kafilah MTQ Kecamatan se-Kabupaten Asahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP serta masyarakat.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. John Hardi Nasution, M.Si selaku Panitia Pelaksana dalam laporannya sampaikan pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Asahan digelar dari tanggal 11 hingga 15 Februari 2020.

Selanjutnya John menyampaikan kegiatan tahun ini diikuti oleh kafilah dari 25 Kecamatan dengan jumlah peserta 715 orang yang akan mengikuti berbagai cabang Musabaqah yaitu Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hifzil Quran, Musabaqah Khattil Quran, Musabaqah Fahmil Quran dan Musabaqah Syarhil Quran.
Ads

Kemudian Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk memaknai pelaksanaan MTQ sebagai momentum memberantas buta aksara Al Quran.

H. Surya juga berharap pelaksanaan MTQ tidak dipandang sebagai ajang kompetisi belaka, namun MTQ diharapkan dapat menjadi media dakwah dan syiar keagamaan.

“Karena keluhuran nilai-nilai Al Quran amatlah penting dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu melalui MTQ diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk lebih giat mempelajari Al Quran beserta segala makna yang terkandung di dalamnya”, pungkas beliau.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penekanan tombol sirine dan pelepasan balon oleh Bupati Asahan sebagai tanda dibukanya perhelatan MTQ ke-51 tingkat Kabupaten Asahan.*
Editor : Sisie
Kategori : Pemerintahan, Umum, Gonews Group, Asahan, Sumatera Utara
www www