MEDAN-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri ujian promosi gelar Doktor Kombes Pol Dr Sandi Nugroho SIK SH MHum, mantan Kapolrestabes Medan yang kini menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya di ruang IMT-GT Biro Rektor USU Jalan Dr Mansyur Medan, Senin (10/2/2020).

Dengan tekun dan seksama, Wagub mengikuti dan memberi perhatian serius saat ujian berlangsung. Ucapan selamat dan apresiasi secara pribadi kepada Sandi Nugroho pun disampaikan Wagub usai ujian promosi. Menurut Wagub, topik disertasi yang diangkat Sandi sangat menarik dan memiliki manfaat yang luas khususnya bagi pihak korporasi.

"Pertama-tama saya sangat salut, meskipun sibuk dengan tugas jabatan tapi masih menyempatkan waktu untuk meningkatkan kapasitas diri melalui pendidikan. Patut dicontoh semangat seperti ini. Kemudian, topik disertasi yang diangkat pun sangat menarik. Bermanfaat untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di sebuah korporasi," ujar Wagub.

Kata Wagub, disertasi Sandi yang menyebut bahwa pemegang saham bank tidak lepas tanggung jawab dalam persoalan hukum tentu memberi warna baru dalam penyelesaian masalah korporasi. Disebutkannya, selama ini kejadian kejahatan yang melibatkan korporasi selalu yang dihukum adalah direksi dan komisaris.

"Jarang pemegang saham. Kalau pun ada cenderung tindakan pidana umum tidak seperti penipuan, pemalsuan surat dan lain-lain. Saran beliau untuk perubahan UU korporasi menarik, tentunya akan berdampak pula pada kinerja masing-masing pihak dalam menjalankan korporasi, tak hanya direksi dan komisaris tapi juga pemegang saham," jelas Wagub.

Saran ini dipandang positif oleh Wagub, memberikan prinsip kehati-hatian dalam bertindak menjalankan korporas yang pada akhirnya akan berdampak positif pula pada hasil dan produktivitas korporasi. Apalagi sektor perbankan, sektor yang memiliki pengaruh besar terhadap stabilitas perekonomian.

Sandi Nugroho lulus dalam sidang ujian Doktor Dalam Bidang Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) di bawah pimpinan Rektor USU Prof Dr Runtung SH MHum. Ia meraih predikat "Cumlaude" Nilai dengan Pujian setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Standar Pertanggungjawaban Pemegang Saham Bank Berdasarkan Piercing the Corporate Veil di Indonesia". Adapun para penguji yakni Promotor Prof Dr Bismar Nasution SH MH, Co Promotor Prof Dr Hikmahanto Juwana SH LLM PhD dan Dr Zulkarnain Sitompul SH LLM, Dekan FH USU Prof Dr Budiman Ginting SH MHum.

Ratusan sivitas akademika, undangan dan sejumlah tokoh dan pejabat hadir diantaranya mantan Gubsu HT Erry Nuradi, Anggota DPD RI DR H Dedi Iskandar Batubara, tokoh pengusaha yang juga Fungsionaris BKM Masjid Agung Medan H Yuslin Siregar dan H Indra Utama dan lainnya.

Dalam disertasinya, pria kelahiran Salatiga 1 Juli 1973 menyimpulkan pemegang saham bank tidak lepas tanggung jawab dalam persoalan hukum korporasi berdasarkan piercing the corporate veil (mengoyak/merobek tirai atau kerudung perusahaan).

Sandi menyarankan perlu ada perubahan UU korporasi untuk bisa mengakomodir tentang adanya keterlambatan UU untuk mengatur hal tersebut. UU nya belum mengatur secara detail. Tindak pidananya sudah ada, putusan pengadilannya sudah ada, tetapi belum mengakomodir untuk keseluruhannya, jadi bisa untuk perbaikan UU ke depan.

Atas keberhasilan dalam ujian promosi ini, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum mengatakan Sandi berhak menyandang gelar Doktor yang merupakan gelar akademik tertinggi dengan predikat Cumlaude, sekaligus menawarkan Sandi menjadi dosen dan terbuka peluang mendapat gelar profesor.

"Namun kami ingatkan, peran dan tanggung jawab insan akademis terlebih sebagai lulusan jenjang S3 atau Doktor adalah dengan terus melakukan eksplorasi terhadap masalah-masalah yang terus berkembang, tentu dengan menggunakan metode ilmiah untuk didekati dan diteliti," ujarnya.

Dikatakan Rektor, predikat kelulusan itu tidak lah begitu penting, tetapi pengabdiannya memberi saran dalam mengembangkan dan membangun keilmuan itu yang ditunggu masyarakat.

"Saya bangga dengan Sandi, karena terus konsisten mengejar keilmuan dan terus berusaha mewujudkan cita-cita untuk menjadi salah satu alumni terbaik USU. Dalam kesehariannya kita lihat tegar, namun dalam memberi sambutan tadi terlihat terharu, saat menyinggung orang tua ataupun istri. Itu artinya wajar dan masih normal. Ujian promosi ini termasuk yang sukses dan ramai dihadiri undangan," katanya.

Rektor juga menyinggung kemajuan pesat USU tiga tahun terakhir ini dengan akreditasi A dan masuk dalam klaster 1. Sumut masih butuh tenaga bergelar Doktor. Mari kita tingkatkan terus prestasi USU ini, katanya.