Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir Ir.Hulman Sitorus,M.Si didamping beberapa Kepala Dinas dan Kabid dari berbagai Dinas melakukan Kunker di Kecamatan Porsea dalam rangka pemantauan secara langsung akan pelaksanaan pembangunan yang menggunakan Anggaran Dana Kelurahan 2019 dengan mengumpulkan para Kepala Kelurahan se Kecamatan Porsea di kantor kelurahan Patane 3 Kecamatan Porsea Selasa,(11/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati memeriksa dan mendengarkan secara langsung ekspos dan pemaparan para Kepala Kelurahan akan ketepatan penggunaan Anggaran Dana Kelurahan yang telah dan akan di laksanakan di tahun 2019 dan tahun 2020 bagi peningkatan kesejahteraan rakyat di kelurahan.

Wakil Bupati secara langsung mempertanyakan sudah sejauh mana akuarasi dan manfaat pelaksanaan pembangunan dengan penggunaan Anggaran Dana Keluarhan kepada masyarakat oleh para Kepala Lurah sesuai yang telah diprogramkan oleh Pemerintah Pusat.

3 Kepala Kelurahan se Kecamatan Porsea secara bergantian dihadapan wakil Bupati dan rombongan melakukan Ekspos dan memaparkan berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 dengan menggunakan Dana Keluarhan TA.2019 serta memaparkan beberapa Program lanjutan untuk rencana pembangunan Keluarhan di tahun 2020.

Kepala Kelurahan dari 3 Kelurahan dalam Kunker Wakil Bupati di Kecamatan Porsea yang dipusatkan di kantor Kelurahan Patane III dihadiri ke Tiga Kepala Lurahan Kecamatan Porsea Rosta Munte Kepala Kelurahan Patane III, Lurah Pasar Porsea Edward Sidabutar dan Lurah Parparean 3 Eva Napitupulu.

Wakil Bupati dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, pelaksanaan pembangunan di Kelurahan dengan menggunakan Dana Kelurahan harus tepat sasaran dan tepat guna demi kepentingan dan peningkatan ekonomi masyarakat.dengan adanya Dana Kelurahan hendaknya bisa di pergunakan untuk peningkatan program kebersihan di Kelurahan masing masing menuju Destinasi Pariwisata Danau Toba.

Assisten 1 Harapan Napitupulu,SH di hadapan Wakil Bupati sekaitan dengan masih minimnya tenaga atau personil pegawai di setiap Kelurahan Kabupaten Toba Samoair mengakui bahwa staf di setiap Kelurahan masih banyak yang kurang personilnya atau belum mencukupi untuk menjalankan roda pemerintahan di Kelurahan. Untuk itu Pemkab tetap berusaha untuk melengkapinya dengan menempatkan beberapa ASN untuk bertugas di Kelurahan demi meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat di kelurahan.

Untuk itu PA ( Pengguna Anggaran) dan KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) pergunakan dan manfaatkanlah Dana Kelurahan dengan sebenarnya serta harus tepat sasaran. "Pergunakanlah Dana Kelurahan dengan hati hati dengan tetap mengacu pada peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemeritah dan jangan sampai menyalahi ketetapan Peraturan yang telah digariskan oleh Pemerintah," tegas Harapan.

Sekaitan untuk peningkatan pelaksanaan program Kebersihan di Kecamatan dan Kelurahan dimana kegiatan pelaksanaannya di tangani oleh Dinas Lingkungan Hidup, Camat Porsea menyampaikan supaya diberi hak dan wewenang untuk pengaturan tugas kerja para petugas kebersihan yang telah ditugaskan oleh Dinas Lingkugan Hidup di Kecamatan.

Wakil Bupati Tobasa Ir,Hulman Sitorus,M.Si dalam sambutan akhirnya menyampaikan, para Kepala Lurah harus merubah cara dan pola pemikiran yang lama dalam melaksanakan setiap program pekerjaannya di tahun 2020 ini. "Jangan mempertahankan pola pemikiran lama demi sukseanya pelaksanaan pembangunan di kelurahan yang menggunakan Dana Kelurahan dari Pemerintah Pusat," ucapnya.

Untuk itu lakukan perubahan dengan pemikiran dan pola kerja yang benar benar didasari oleh kesadaran dengan pemikiran yang positif demi suksesnya pelaksanaan Program Pembangunan diantaranya pembangunan dengan penggunaan anggaran Dana Kelurahan yang bersumber dari APBN.

Terkait dengan permohonan Camat Porsea supaya di koordinasikan dengan Dinas terkait yang di koordinir langsung oleh Assisten 1. Dalam hal upaya pelaksanaan peningkatan kebersihan di masing masing Kecamatan Kab.Tobasa yang pelaksanaannya oleh Dinas Lingkungan Hidup hendaknya bekerja sama dengan pihak Kecamatan dengan memberi hak dan wewenang kepada Camat masing masing Kecamatan dalam bentuk kerja sama untuk mengatur dan mengarahkan para petugas kebersihan yang ditempatkan Dinas Lingkungan Hidup di setiap Kecamatan.

Usai pemeriksaan dan ekspos pelaksanaan pembangunan dan program rencana pembangunan lanjutan di tahun 2020 dengan menggunakan Dana Kelurahan oleh ke 3 Kepala Lurah Kecamatan Porsea wakil Bupati bersama rombongan turun memantau dan memeriksa langsung beberapa pekerjaan fisik bangunan yang telah selesai di kerjakan dengan menggunakan Dana Kelurahan TA - 2019 mulai dari pembangunan fisik Paritan Kelurahan Patane 3 berlanjut ke fisik Rabat Beton di Kelurahan Pasar Porsea dan Kelurahan Parparean 3.

Hadir mendampingi wakil Bupati Asisten 1 Harapan Naipitupulu,SH, Kabag Tapem Lahsa Manullqng,SSTP, Camat Porsea Robert Manurung,SH, Mewakili Kadishub Sekretaris Perhubungan Marudut Sianipar, Sekdis Lingkup Monang Simanihuruk, Kadis Kesehatan dr.Juliwan Hutapea, Kadis Catpil Drs.Bonar Butarbutar, Kabid Perkim Untung Sirait, mewakili Kadis Budpar Agus Karokaro ,Kabid Peralatan Dinas PUPR Maju Simangunsong mewakili Kadis PUPR.