TOBASA-Guna untuk mengakuratkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DKTS) Kabupaten Toba Samosir, Dinas Sosial Toba Samosir laksanakan sosialisasi Pengembangan Sitim Informasi Kesejahteraan Sosial - Next Generation (Aplikasi SIKS - NG Versi 2,40).

Kegiatan digelar di gedung aula Serba Guna tanah lapang Porsea Selasa, 11/02/2020 yang bertujuan untuk pemahaman,Pemanfaatan dan penggunaan jaringan Aplikasi SIKS - NG 2,40. Verivikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 dilaksanakan bergelombang.

Untuk sosialisasi Aplikasi SIKS - NG 2,40 di Kecamatan Porsea diikuti oleh 4 kecamatan yakni Kecamatan Porsea, Siantar Narumonda, Sigumpar dan Kecamatan Silaen yang pembukaan pelaksanaannya oleh Kepala Dinas Sosial dr.Rajaipan Sinurat,M,Kes dengan peserta para petugas pendataan dari masing masing desa serta seluruh Kepala Desa dari ke Empat Kecamatan peserta sosialisasi.

Kegunaan dan manfaat sosialisasi aflikasi SIKS - NG 2,40 untuk pengumpulan data langsung dengan melaksanakan pendataan ulang secara akurat akan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di setiap desa se Kabupaten Toba Samosir dengan menggunakan aplikasi tersebut supaya terekam dan tersimpan dengan rapi dan tepat sasaran bagi sumua para peserta DTKS.ungkap Kadis Sosial Toba Samosir dr,Rajaipan Sinurat,M.Kes kepada Gosumut disela sela acara.

Dijelaskan Kadis Sosial, dilaksanakannya Sosialisasi Aplikasi SIKS - NG 2,40 karena berdasarkan informasi dari Kementeruan Sosial bahwa Data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kabupaten Toba Samosir sebanyak 24000 Data tidak sepadan dengan Data yang dimiliki oleh Dirjen Dukcatpil dengan Kementerian Sosial untuk penerima DTKS Pemkab Tobasa.

Menyikapi hal tersebut oleh Dinas Sosial Kab.Tobasa melakukan Pendataan dan verivikasi data ulang dengan menggunakan sistim Aplikasi data Komputer terbarukan supaya tepat sasaran dan tepat guna serta Data DTKS kedepannya di ke dua lembaga Negara tersebut yang akan menangani Dana Sosial sesuai dengan kewenangan dan tu foksinya masing masing kepada Masyarakat tidak lagi berbeda dan harus sudah sepadan/sinkron.

"Disamping itu semua, tujuan utama pelaksanaan sosiaIisasi Aplikasi SIKS - NG 2,40 guna untuk menyelamatkan warga masyarakat yang terdata dan juga belum terdata untuk penerima bantuan sosial yang saat ini tidak sepadan dengan Data yang dimiliki oleh Dirjen Dukcatpil dan Kemensos sebagai peserta DTKS akan terselamatkan dan semua Data semakin di sempurnakan," tegas Kadis Sosial Rajaipan.

Wakil Bupati dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, pergunakanlah kesempatan ini dengan baik dan benar.gunakan tehnologi dengan tepat guna untuk mendukung program kerja demi suksesnya pelayanan pembangunan di masyarakat khususnya pada bidang Sosial Kemasyarakatan yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementeriannya.

Untuk itu, data data yang dihimpun dengan menggunakan aplikasi yang baru segera diselesaikan dengan baik dan tepat supaya Data tersebut sepadan dengan data yang dimiliki oleh Kementerian Dukcatpil berikut dengan Data Kementerian Sosial akan peserta DTKS.tegas Wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus, M.Si menyemangati para peserta sosialisasi dari setiap desa ke 4 Kecamatan.

Gadir mendampingi Wakil Bupati pada pelaksanaan Kegiatan sosialisasi jaringan Aplikasi SIKS - NG 2,40 untuk Verivikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 Kadis Diknas Drs.Parlinggoman Panjaitan,MM, Kadis Dukcatpil Drs.Bonar Butarbutar, Camat Porsea Robert Manurung,SH.