ASAHAN-Saat ini, memberantas buta aksara Al Quran bukanlah hal yang mudah. Terlebih di era digital saat ini, masyarakat khususnya generasi muda cenderung “terbius” dengan berbagai “kenikmatan” yang ditawarkan dunia maya.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan semangat mempelajari Al Quran dengan segala makna yang terkandung didalamnya kembali ke tengah masyarakat. Salah satunya adalah melalui gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang digelar diseluruh penjuru negeri.

Dalam pelaksanaannya, di beberapa daerah event MTQ kerap didahului dengan pawai ta’aruf sebagai ajang silaturahmi antar kafilah sekaligus menyemarakkan gelaran MTQ. Hal tersebut juga dapat kita lihat di Kabupaten Asahan.

Sedikitnya ribuan peserta yang terdiri dari kafilah MTQ Kecamatan se-Kabupaten Asahan, ibu-ibu pengajian, OKP, perwakilan pelajar serta dimeriahkan juga dengan penampilan drumband dari pelajar turut ikuti gelaran Pawai Ta’aruf dalam rangka MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020.

Bupati Asahan H. Surya, B.Sc melepas secara resmi kegiatan yang diawali dengan laporan dari Camat Tinggi Raja Ahmad Saiful Pasaribu. Forkopimda Asahan, Para Asisten , OPD, Ketua MUI, Kakan Kemenag, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Camat se- Kabupaten Asahan, Dewan Hakim MTQ, serta ribuan masyarakat tampak hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Dusun I Desa Tinggi Raja Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan, Selasa (11/2/2020).

Pasca melepas Pawai Ta’aruf, Bupati Asahan dalam keterangannya sampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada panitia pelaksana yang telah melaksanakan Pawai Ta’aruf tahun ini dengan baik.

H. Surya juga berharap event seperti ini dapat rutin dilaksanakan, sebagai salah satu upaya meningkatkan gairah masyarakat terhadap Al Quran.

Selanjutnya H. Surya juga mengingatkan pelaksanaan Pawai Ta’aruf bukanlah sekedar ajang unjuk diri tanpa makna, namun momentum tersebut harus disertai dengan semangat membumikan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Selamat bermusabaqah, semoga MTQ kali ini dapat memotivasi seluruh masyarakat untuk meningkatkan kecintaan pada Al Quran," pungkas Bupati Asahan.*