ASAHAN-Bupati Asahan H. Surya, BSc dengan resmi melantik dan membai'at Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Senin (10/2/2020).

Turut hadir pada pelaksanaan ini Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kasdim 0208 Asahan, Perwakilan Danyon 126/KC, Perwakilan Kapolres Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan dan Tamu Undangan lainnya.

Dikesempatan tersebut, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Asahan Ali Muqhofar, S. Sos, MAP membacakan Keputusan Bupati Asahan Nomor : 13.3 - Kesra/2020 Tanggal 28 Januari 2020 Tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara, Dewan Pengawas dan Dewan Hakim MTQ ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020 yang menyatakan bahwa H. Salman Abdullah Tanjung, Lc, MA sebagai Ketua Dewan Hakim dan Drs. H. Mahmuddin Lubis, MM sebagai Sekretaris Dewan Hakim MTQ ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan memakaikan toga secara simbolis kepada Ketua Dewan Hakim dan Sekretaris Dewan Hakim MTQ ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020.

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan bahwa pelantikan dan bai'at Dewan Hakim MTQ merupakan pengukuhan Dewan Hakim sebagai sosok terpercaya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang akan menentukan hasil dari pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020.

"Saya yakin, sebagai sosok yang telah memiliki pengetahuan yang mapan dibidangnya, para Dewan Hakim akan melaksanakan tugas dan kewajiban yang diberikan secara profesional dan amanah. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Asahan secara penuh melimpahkan tugas dan tanggung jawab penilaian terhadap para peserta MTQ Tingkat Kabupaten Asahan kepada para Dewan Hakim. Para Dewan Hakim tidak akan diintervensi oleh pihak manapun dalam melakukan penilaian," ucap Surya.

Bupati Asahan juga menyampaikan bahwa peserta terbaik pada MTQ ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan bukanlah mutlak sebagai Duta Kabupaten Asahan pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemusatan latihan yang lebih selektif bekerja sama dengan LPTQ Kabupaten Asahan agar dapat berkontribusi pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi nantinya.

"Mari kita terus bekerjasama melakukan pembinaan kepada masyarakat, mencari generasi potensial baru, menemukan teknik-teknik yang mutakhir, praktis dan lebih menarik untuk memberantas buta aksara Al-Qur'an dan memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Al-Qur'an bagi orang-orang yang sudah bisa membaca Al-Qur'an," harap Surya kepada Dewan Hakim.

Diakhir bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan mengingatkan pada tanggal 23 September 2020 akan diselenggarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan. Untuk itu Surya mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk dapat hadir di TPS masing-masing dan mempergunakan hak suaranya.

"Jangan Golput, karena suara yang diberikan akan menentukan Asahan 5 Tahun Kedepan," tegas Surya.*