KENDARI - Jelang Kongres PAN yang digelar besok, mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa dan Asman Abnur menuju arena Kongres PAN di Kendari tanpa rombongan. Asman mengatakan tak menampik adanya masukan agar para pendukungnya berangkat bersama untuk menggentarkan kandidat lainnya. Namun, ia menolak ide tersebut.

"Dari dulu saya begini saya, mengalir. Mau jadi DPRD, DPR sampai menteri, tetap sama," ujar Asman, Minggu (9/2/2020).

Untuk apa? Pemegang suara di PAN itu orang-orang cerdas dan terdidik. Bahkan sebagian adalah pejabat publik, baik di eksekutif maupun legislatif. Masak orang-orang cerdas harus digiring-giring?" imbuh Asman.

Asman beralibi, bahwa perilaku yang demikian justru melawan akal sehat dan tanda perubahan zaman. Sebagai informasi, caketum PAN Mulfachri Harahap berangkat dari Surabaya menuju Kendari menggunakan tiga pesawat charter dengan ratusan pendukungnya, sedangkan petahana caketum petahana Zulkifli Hasan (Zulhas) telah membooking 400 lebih kamar hotel untuk pendukungnya.

Kita sudah masuk era Industri 4.0, masa berpolitik masih pake cara-cara abad ke-19. Malah saya dengar ada yang HP-nya segala disita, ini kan paradoks yang sempurna," ujar Asman.

Seperti diketahui, Kongres PAN ke-5 bakal digelar besok, 10-12 Februari di Kendari. Salah satunya agendanya, yaitu pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Sudah ada 4 bursa kandidat menuju PAN-1, antara lain petahana Zulhas, Mulfachri Harahap yang didukung Amien Rais, Asman Abnur yang didukung Hatta Rajasa, dan Dradjad Wibowo.***