KENDARI - Jelang Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) di Kendari, Sulawesi Utara, harga tiket pesawat rute penerbangan dari Surabaya ke Kendari tembus Rp10 juta.

Sementara untuk rute Makassar - Kendari tanggal 10 Februari 2020 mencapai Rp4 juta sekali penerbangan.

Di beberapa situs penjualan tiket online, untuk maskapai penerbangan Lion Air mencapai Rp2,3 juta, Batik Air Rp3 juta dan Garuda Indonesia Rp4 juta. Sementara itu, untuk rute sebaliknya Kendari-Makassar masih dengan harga normal antara Rp350 ribu hingga Rp800 ribu.

Bahkan tiket penerbangan Makassar-Kendari tersebut penumpang harus transit di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta dengan hitungan waktu transit 1 hari.

Berbincang dengan GoNews.co, Dedy salah satu peserta kongres asal Aceh, bahkan mengaku membeli tiket tiga kali lipat dari harga biasanya. "Harga naik, rutenya pun kelamaan karena harus tiga kali transit dari Aceh, Jakarta, Makassar.

Untuk diketahui, Kota Kendari mulai besok, Senin (10/2/2020) hingga Rabu (12/2/2020) akan berlangsung kegiatan Kongres V Partai Amanat Nasional. Agenda penting dalam event ini adalah pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020-2025 yang diikuti empat calon yakni Asman Abnur, Drajad Wibowo, Mulfachri Harahap, dan Zulkifli Hasan.

Branch Manager PT Garuda Indonesia Branch Office Kendari, Syaiful Bahri mengatakan, bahwa penerbangan kelas ekonomi tanggal (10/2/2020) rute Makassar-Kendari sudah full dan yang tersisa kelas bisnis.

“Kita ada pesawat charter nanti sore masuk dari makassar ke kendari, di charter sama PAN, jadi hari minggu ini pesawat yang masuk biasanya 2 flight, ada tambahan 1 flight yaitu pesawat carter,” ungkap Syaiful.

Dirinya juga mengakui selama kongres PAN tingkat isian pesawat reguler penuh. Bahkan bahkan PAN mencarter pesawat di luar dari jadwal penerbangan reguler.***