Home >  Berita >  Peristiwa

Bob Andika Mamana Sitepu Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan ke Ratusan 'Pasukan Orange'

Bob Andika Mamana Sitepu Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan ke Ratusan Pasukan Orange
Minggu, 09 Februari 2020 19:41 WIB
Penulis: RFS
BINJAI-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DRP) RI Komisi V Fraksi PDIP, Bob Andika Mamana Sitepu, menggelar sosialisasi soal 4 pilar kebangsaan kepada para petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai atau yang biasa disebut sebagai 'pasukan orange', Selasa (4/2/2020).

Sosialisasi tersebut digelar di kediaman Bob Andika Mamana Sitepu, Jalan Pala, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Binjai. Dalam acara tersebut, diperkirakan setidaknya 150 orang 'pasukan orange' hadir dan mendengarkan dengan seksama soal 4 pilar kebangsaan.

Dihadapan para 'pasukan orange', Bob Andika Mamana Sitepu menjelaskan, 4 pilar kebangsaan itu terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Atas dasar hal tersebut, seluruh warga negara Indonesia, memiliki hak dan kewajiban yang sama.

"Apa itu 4 pilar kebangsaan, ialah Pancasila, Undang-undang Dasar 1946, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan dari keempat hal yang saya sebutkan tadi, bermakna, setiap warga negara Indonesia memiliki hak dan tanggung jawab yang sama, tidak boleh dibeda-bedakan," ujar Anggota DPR RI itu.
Ads

Masih Bob Andika Mamana Sitepu, ia mengatakan, selaku anggota DPR RI dengan wilayah pemilihan yang juga berdomisili di Kota Binjai, ada rasa tanggung jawab yang diembannya, atas kesejahteraan penduduk di kotanya, untuk itu dirinya akan secara rutin menggelar kegiatan serupa di daerah tersebut.

"Salah satu daerah pemilihan saya itu di sini (Kota Binjai-red) dan saya juga tinggalnya di sini, jadi saya juga memiliki rasa tanggung jawab atas kesejahteraan penduduk di kota kelahiran saya ini, ke depan, kita akan sering gelar acara seperti ini, intinya, kita harus saling berbagi ilmu dan rezeki, karena saya merasa itu harus saya lakukan," ungkapnya.

Setelah menjelaskan beberapa hal terkait dengan 4 pilar kebangsaan, Bob Andika Mamana Sitepu, mempersilakan para 'Pasukan Orange' untuk bertanya ataupun menyampaikan keluhan kepadanya. Salah satu audiens yang juga bekerja sebagai petugas kebersihan pun tampil ke depan dan menyampaikan aspirasinya.

"Saya mewakili "Pasukan Orange' ini pak, memohon agar gaji kami dinaikkan, karena selama ini kami bisa dibilang sangat sedikit gajinya, yaitu hanya 1 juta pak, jadi kami mohon agar bapak bisa mewakili suara kami untuk menyampaikan hal kenaikan gaji tersebut kepada bapak walikota," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Bob Andika Mamana Sitepu, berjanji, akan membawa aspirasi itu langsung ke Walikota Binjai, untuk ditindaklanjuti dan semoga mendapat perhatian dan tentunya, kenaikan gaji tersebut juga tidak terlalu membebani APBD Kota Binjai.

"Terima kasih ibu, aspirasi ini akan langsung saya sampaikan kepada bapak walikota, semoga nantinya akan ada perhatian dan gaji bapak ibu sekalian dapat dinaikkan, dengan catatan, hal ini tentunya tidak terlalu membebani APBD kita di sini, ini pasti akan saya sampaikan," balas pria yang juga sempat menjabat Anggota DPRD Kota Binjai itu.

Sementara itu, usai menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di hadapan para petugas kebersihan tersebut, kepada awak media ini Bob Andika Mamana Sitepu, memperjelas dengan mengatakan, pekerjaan yang dilakukan oleh "Pasukan Orange' adalah mulia, karena tentu tidak semua orang dapat ataupun mau melakukannya, untuk itu, dirinya akan menyampaikan seluruh aspirasi dari mereka yang disampaikan kepadanya.

"Di sini saya katakan, bahwa sangat layak para 'Pasukan Orange' ini untuk sejahtera, mengingat, tadi ada yang menyampaikan ke kita soal gaji yang dirasa terlalu kecil, jadi, jika tidak membebani APBD, saya rasa tidak masalah, karena kita pun belum tentu mampu untuk melakukan apa yang mereka kerjakan, dan oleh sebab itu lha saya sengaja menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di hadapa mereka ini, karena memang inti dari sosialisasi ini adalah langsung menyentuh kepada masyarakat," jelasnya.
Editor : Sisie
Kategori : Peristiwa, Pemerintahan, Umum, Gonews Group, Binjai, Sumatera Utara
www www