SERDANGBEDAGAI-Pemerintah Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Serdang Bedagai meriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) MTQ ke XVI di Balai Karyawan PT. Socfindo Perkebunan Mata Pao, Kamis (6/2/2020) pagi.

Adapun pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) ke XVI di Kecamatan Teluk Mengkudu dengan ambil tema, Menjadikan Alquran Sebagai Pondasi Generasi Muslim yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman Sangat mengapresiasi kepemimpinan Camat Teluk Mengkudu, meskipun dirinya seorang beragama Kristen tapi mampu melaksanakan kegiatan keagamaan Kristen maupun Islam dengan baik dan meriah tanpa membedakan, yang menjadi tauladan bagi masyarakat.

"Pada tahun 2019 Kecamatan Teluk Mengkudu mendapat peringkat 5 pada MTQ Tingkat Kabupaten, semoga tahun 2020 ini semakin meningkat," bilang Bupati Soekirman.

Menurut Soekirman, Pemkab Sergai mendapat penghargaan dari KPK atas penilaian bersih dari korupsi. "Kepada para pemenang lomba MTQ ini berharap nantinya dapat menjadi pemenang pada tingkat Kabupaten Sergai maupun tingkat Nasional," ujar Bupati Soekirman.

"Karena Kabupaten Serdang Bedagai dengan Keberagamannya sudah menjadi persaudaraan yang sudah tidak perlu di ragukan lagi,"ucapnya.

Sementara itu, lanjut Bupati, bahwa Masjid Agung Serdang Bedagai sudah hampir selesai. "Kami Bupati dan Wakil Bupati mengundang semua pada hari Jumat tanggal 14 Februari kita akan melaksanakan sholat di Masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai. Kita akan mencari pesawat terbang bekas yang akan yang akan di gunakan sebagai pusat manasik haji Sumatera Utara. Dan nantinya akan ada pedagang yang berjualan di sekitar masjid yang akan menghidupkan ekonomi masyarakat dimana pedagang pedagang kuliner kita kumpulkan semua," imbuhnya.

"Kita harapkan bersama dengan kegiatan ini kita akan dapatkan generasi muda yang insya Allah tentang memahami dan mengamalkan Alquran dalam kehidupanl sehari hari," ungkap Bupati Soekirman.

"Kepada kepala desa, camat bagaimana sosialisasi agar ditingkatkan untuk meningkatkan PBB dan PAD Kabupaten Serdang Serdang Bedagai. Karna di Kecamatan Teluk Mengkudu terdapat beberapa objek wisata pantai yang sudah seharusnya kita perbaiki dan itu sudah di mulai dengan menertibkan hewan ternak masyarakat yang berkeliaran. Dengan semakin baiknya wisata kita secara otomatis wisatawan semakin menarik wisatawan yang dapat menaikan PAD Kabupaten Serdang Bedagai," ujar H Darma Wijaya.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat dan kepada seluruh yang hadir di sini mudah-mudahan MTQ ini yang dapat berjalan dengan baik dan lancar dan dapat menjaring Qori dan Qoriah yang terbaik dari Kecamatan Teluk Mengkudu," ucapnya.

Camat Teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian mengapriasi lancarnya acara. "Semua dapat terlaksana atas kerjasama yang baik dengan KUA Teluk Mengkudu dan seluruh instansi di Kecamatan Teluk Mengkudu," kata Romian Parulian Siagian.

Menurut Romian, Tahun 2020 Kecamatan Teluk Mengkudu mendapat alokasi dana pembangunan ruas jalan sejauh 4 Kilometer dari Desa Sialang Buah menuju Desa Pematang Kuala.

"Sedangkan di Desa Sentang akan dibangun perusahaan ikan patin dan kita mengharapkan perusahaan tersebut dapat menyerap tenaga kerja dari Masyarakat Kecamatan Teluk Mengkudu," ujarnya.

"Dengan kegiatan ini sama kita harapkan adanya peningkatan dalam sisi keagamaan dan dapat menangkis penyakit masyarakat baik penyalahgunaan narkoba maupun tindakan lain yang merugikan masyarakat," imbuhnya.

Romian menyebutkan, Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu bersama Kecamatan sudah menertibkan ternak babi liar di sepanjang jalan Sialang Buah dan kita sudah berusaha memberi pemahaman untuk mengganti ternak mereka menjadi ternak itik atau ternak lainnya.

Hal ini semua guna mendorong agar wisata pantai yang ada di Teluk Mengkudu menjadi Semakin Baik lagi kedepannya. "Kiranya Bapak Bupati dapat berkenan membuka MTQ Tingkat Kecamatan Teluk Mengkudu," tutup mengakhiri kata sambutan.

Rangkaian Acara diisi dengan penyerahan Alquran dari rumah Alqur'an Sehati dan santunan anak Yatim piatu. Turut hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya, Asisten Pemerintahan dan Kesra , Hj. Nina Deliana Hutabarat S. Sos, M. Si, Kadis Kominfo Sergai Drs. Akmal, AP, M.Si, Camat teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si beserta Jajaran, Manager PT. Socfindo Matapao Boby Hercules, Ketua MUI Kecamatan Teluk Mengkudu, Drs. Amran Hidayat, Tokoh Masyarakat Ustadz Zarkasi, Ketua TP- PKK Kecamatan Teluk Mengkudu, Kepala Desa Se Kecamatan Teluk Mengkudu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh pemuda.