LANGKAT-Musyawarah rencana pembangunan(musrenbang) tingkat kecamatan Bahorok digelar Rabu, (5/2/2020) di aula kantor camat. Sebelumnya musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes) telah dilaksanakan disetiap desa. Usulan pembangunan berawal dari dusun /lingkungan sehingga dirangkum didesa.

Musrenbang kecamatan merangkum usulan dari desa untuk dibahas bersama sebelum musrenbang kabupaten. Demikian disampaikan camat Bahorok, Dameka Putra Singarimbun saat mengawali rapat.

Ditambahkannya usulan dari dusun tidak hanya dibidang fisik /infrastruktur namun sektor seni /budaya, pariwisata serta pertanian dan peternakan. Intinya mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat ditemui dalam usulan desa ujarnya. Saat musrenbang kecamatan diminta peserta memperhatikan budaya etika dalam menyampaikan usulan kata Dameka sekaligus membuka musrenbang kecamatan Bahorok.

Sekretaris Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) pemkab Langkat, H Harianto yang menghimpun hasil rapat mengatakan usulan desa selayaknya terangkum dalam aplikasi.

"Begitu juga hasil musrenbang kecamatan sebelum penentuan skala prioritas sebaiknya dimusyawarahkan karena ketika data usulan terekam sistem sulit untuk mengubah," urainya.

Keterbatasan anggaran APBD Langkat sehingga tidak seluruhnya usulan dapat ditampung dalam hal ini butuh kesabaran dan kesadaran bersama.

"Berdasarkan uraian usulan yang disampaikan 18 kepala desa dan satu kelurahan secara umum mengusulkan fisik. Seperti aspal jalan, jembatan, Mandi Cuci Kakus (MCK) irigasi, drainase bantuan ternak serta lainnya," ujarnya.

Bidang kesehatan beberapa desa mengusulkan pembangunan Polindes karena telah menjadi kebutuhan masyarakat.

Hadir saat musrebang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemkab Langkat seperti kadis Badan Lingkungan Hidup, Iskandarsyah, kadis pariwisata N Rambe sekretaris pariwisata Rasta dinas perhubungan , perikanan, kominfo serta lainnya.

Hadir juga Danramil 06 Kapt inf N Tanjung wakapolsek Iptu M Isa tokoh agama dan masyarakat. Informasi didapat musrenbang tingkat kabupaten Langkat diaksanakan pada Maret mendatang untuk merangkum usulan dari 23 kecamatan.*