TARUTUNG-Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, M. Si diwakili Sekda Indra Simaremare didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Osmar Silalahi memimpin rapat bersama beberapa Perangkat Daerah, Camat dan Kepala Desa membahas persiapan penyerahan hibah sekaligus peresmian Pasar Rakyat Pagaran, bertempat di Ruang Kerja Sekda - Kantor Bupati, Tarutung, Senin, (3/1/2020).

Bupati Taput ketika meninjau lokasi beberapa waktu yang lalu, menekankan agar pembenahan lokasi segera dilaksanakan sehingga pasar itu dapat dipergunakan masyarakat dengan maksimal. Setiap OPD terkait, diminta agar melaksanakan peranannya sesuai tupoksi masing-masing dengan melibatkan komponen masyarakat. Selain itu, perlu dipersiapkan perencanaan pembangunan yang berkesinambungan agar nantinya lokasi tersebut menjadi sentra perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gibson Siregar melaporkan bahwa pembangunan pasar rakyat yang bersumber dari dana Pemerintah Pusat itu sebelumnya adalah pasar tradisional dan telah selesai pembangunan fisik pada Desember tahun lalu.

"Penyerahan hibah Pasar Rakyat Pagaran dari Kementerian kepada Pemkab Tapanuli Utara direncanakan akan dilaksanakan pada bulan April tahun ini sekaligus dengan peresmian. Kondisi saat ini masih butuh beberapa pembenahan yang harus kita lakukan sebelum pelaksanakan serah terima hibah," ucap Gibson Siregar.

Camat Pagaran dalam laporannya mengatakan telah membentuk Panitia Peresmian bersama Tokoh Masyarakat yang juga melibatkan para perantau asal Pagaran.

Beberapa hal yang diputuskan pada rapat tersebut, diantaranya adalah bahwa relokasi pedagang akan dilaksanakan pada Bulan Maret 2020, sementara tempat berjualan para pedagang harus terakomodir dengan baik terutama pedagang lama serta melengkapi Surat penyerahan tanah yang jelas sehingga lokasi sekitar bangunan pasar dapat dipergunakan Pemerintah untuk pengembangan kedepannya.*