NISEL-Anggota DPRD Karo Purnama Monicilia Mastua br Sagala mendapatkan kesempatan menyerap informasi dan aspirasi rakyat yang diwakilinya dari daerah dapil I Kabanjahe semasa pemilihannya.

Hal ini sebagai janji untuk menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggung-jawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil-nya sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan. Ujarnya saat menggelar masa reses Jumat, (31/1/2020) pukul 17.00 WIB di Jambur dalihan Natolu Kabanjahe Kab. Karo.

Menurut Purnama, Reses adalah merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses.

"Kehadiran bapak /ibu ditempat ini, sangat kami apreisasi, apa yang menjadi masukan dan kebutuhan di setiap kepling dan desa, menjadi momentum sebagai menampung aspirasi yang dibutuhkan masyarakat akan dapat kita lakukan pengawasan bagi pemerintah daerah sesuai yang disuarakan masyarakat melalui reses ini," kata Purnama.

"Kesempatan ini, mari kita manfaatkan ada hadir SKPD bahkan Bupati Karo juga hadir, ini patut kita acungkan jempol, sebab kita lihat Bupati masih menunjukkan kepeduliannya dalam membangun Karo kedepan, keinginan ini jelas terlihat Bupati mau mendengar langsung aspirasi masyarakat diwilayah dapilnya," imbuh Purnama.

Sementara kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi mengaku masa reses ini adalah suatu kesempatan secara langsung dapat berbagai dan mengajukan keluhan keluhan yang dialami oleh masyarakat, apalagi ada anggota DPRD Karo sedang melakukan reses.

Lanjut, Sianturi menjelaskan, ada program di setiap kepling dan desa, akan kita tampung semua aspirasi ini, namun mari ada kepedulian dan tanggung jawab semua tanpa ada peran serta masyarakat, mustahil apa yang diprogramkan akan tidak berhasil.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH menilai kegiatan reses ini bukan suatu kebetulan dapat berjumpa ditempat ini, namun karena ada kepedulian maka pasti ada perubahan, hal ini dalam diri kita masing masing menanamkan harus peduli terhadap sekitar dan lingkungan tempat tinggal kita.

"Aspirasi apapun ditampung oleh anggota DPRD Karo lewat masa reses ini, sesuai dengan Tupoksi dan ketentuan, kemudian di anggarkan oleh Pemda Karo dan mendapat persetujuan bersama DPRD Karo, tentu harus kepala desa dan kepling mampu menjaga dan merawat apa yang sudah direalisasikan," ajak Terkelin.

Lanjut Terkelin, apapun nanti aspirasi yang muncul dalam masa reses ini, kami Pemda Karo siap akan memfasilitasi sesuai dengan program pemerintah, kunci utama aspirasi apa yang dijaring oleh anggota DPRD Karo, itu akan kita tindaklanjuti, sebab saat ini adalah peran masa reses.

Turut hadir masa reses ini anggota DPRD Provsu Salmon Sagala, asisten 2 Dapat kita Sinulingga, Kadishub Gelora Fajar, SH, Camat Kabanjahe Leo Girsang, Dirut PDAM Tirta Malem Jonara Tarigan, Kabag umum Hotman Brahmana, ASN Pemkab Karo, para kepala desa dan kepling Kec. Kabanjahe.