DELI SERDANG-Pencegahan Virus Corona asal China melalui Bandara Internasional Kualanamu Deliserdang dianggap masih terlalu longgar dan belum efektif ,hal itu disebutkan oleh Kepala Oumbudsman Sumut Abyadi Siregar saat melakukan sidak di Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP) Bandara Kualanamu Deliserdang Sabtu 01/02/2020 tadi.

Abyadi mengatakan perlu lebih efektif lagi baik penanganan langsung atas pendatang yang datang dari China ataupun fasilitas karantina bagi orang yang datang.

"Karena massa inkubasi virusnya itu menurut berita adalah 14 hari tentunya saran kami kalau 14 hari itu mestinya orang yang baru datang dari China dimana asal dari virus tersebut mesti di tempatkan diruang karantina khusus saat ini hal itukan tidak dilakukan sejak merebaknya informasi penyebaran virus mematikan tersebut , ini virus yang dicegah sangat berbahaya kita mau pencegahan itu benar benar efektif "Pungkasnya.

Abyadi Siregar juga menghimbau agar pembangunan ruang isolasi yang baru di buat saat ini perlu fasilitas toilet sendiri tidak gabung dengan toilet umum seperti sekarang ini " toilet pria dan khusus wanita penting dibuat," pintanya.

Kunjungan Oumbudsman Sumut didampingi oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Kualanamu dan Pihak PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu.*