ASAHAN-Derasnya hujan yang mengguyur di Kabupaten Asahan mengakibatkan banjir di 15 Desa/Kelurahan di 8 Kecamatan, Rabu (29/1/2020).

Diketahui hujan yang mengguyur di Daerah Kabupaten Asahan terjadi dari Selasa malam (28/1/2020) hingga Rabu (29/1/2020).

Adapun beberapa rincian di Kecamatan yang terdampak banjir diantaranya Kecamatan Bandar Pasir Mandoge terdapat 1 desa, Kecamatan Buntu Pane sebanyak 7 desa, Kecamatan Setia Janji terdapat 2 desa, Kecamatan Kota Kisaran Barat sebanyak 1 kelurahan, Kecamatan Kota Kisaran Timur 1 kelurahan, Kecamatan Aek Songsongan Desa Aek Bamban terdapat 1 desa dan Kecamatan Aek Ledong terdapat 1 desa.

BPBD Asahan melalui Dinas Kominfo mencatat tensitas curah hujan cukup tinggi sejak malam hari mengakibatkan beberapa Kecamatan dan desa di wilayah Kabupaten Asahan mengalami kebanjiran,dan longsor.

Kemudian, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala BPBD Kabupaten Asahan Khaidir Sinaga kepada wartawan membenarkan adanya banjir diakibatkan karena derasnya hujan yang cukup lama.

Sambung Khaidir, kerena hujan yang deras tersebut membuat luapan air sungai membesar sehingga juga banjir tak terhindari, pohon bertumbangan dan terjadi juga tanah longsor.

Khaidir pun memberitahukan bahwa tim BPBD Asahan sudah disebar untuk melakukan tindakan-tindakan preventif dalam memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korba.

Tim BPBD Asahan juga telah melakukan inventarisir daerah terdampak banjir dan membantu memfasilitasi beberapa kerusakan yang di alami oleh warga maupun aset sarana infrastruktur milik Pemerintah.

Terjadinya banjir yang melanda wilayah kabupaten Asahan diakibatkan selain adanya pendangkalan sungai yang melintasi wilayah tersebut juga adanya saluran-saluran parit yang tersumbat.

''Kami juga sudah melakukan koordinasi bersama unsur Forkopimda Asahan serta melibatkan masyarakat korban banjir dalam penanganan hal ini. Alhamdulillah hingga saat ini tidak ada korban jiwa,'' pungkasnya.*