ASAHAN-Dibawah kepemimpinan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya, TP. PKK Kabupaten Asahan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) di Aula Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (28/1/2020).

Dikegiatan itu hadir Bupati Asahan H. Surya BSc, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP. PKK Kecamatan se-Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya pada sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan Rakornis ini merupakan pertama kali yang dilaksanakan oleh Dinas PMD dibawah kepemimpinan Kepala Dinas M. Azmy Ismail.

Selain itu Titiek juga berharap kepada para narasumber nantinya dapat memberikan materi kepada para kader TP. PKK dalam melakukan pembinanan di masyarakat.

Selanjutnya istri Bupati Asahan itu mengatakan bahwa Rakornis ini merupakan tempat untuk saling berbicara dari hati kehati secara kekeluargaan sehingga membuat sesama para pengurus TP PKK lebih dekat dan akrab lagi.

"Semoga TP PKK Kabupaten Asahan dapat dan bisa lebih baik lagi dari yang sebelumnya," tutup Titiek.

Sementara Bupati Asahan yang sekaligus Ketua Pembina TP PKK Kabupaten Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan untuk mewujudkan tujuan TP PKK Kabupaten Asahan, Bupati Asahan beserta OPD selaku pembina TP PKK Kabupaten Asahan telah melakukan pembinaan dan memfasilitasi berbagai program kegiatan secara optimal, seperti memberdayakan keluarga dibidang pendidikan dan keterampilan mengatasi problem kesehatan ibu dan anak, meningkatkan ekonomi keluarga dalam rangka pengentasan kemiskinan, mengembangkan kehidupan gotong royong, berkoperasi dan lain sebagainya, sebagaimana Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Asahan terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

Untuk mengawali Tahun Anggaran 2020 Surya mengajak para OPD, Camat serta TP PKK Kabupaten Asahan untuk menerapkan 3T yaitu Tertib Administrasi, Tertib Keuangan dan Tertib Kinerja. Hal tersebut dipinta agar menjadi perhatian bersama disetiap kegiatan OPD yang bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Asahan dan harus benar-benar dilaksanakan dengan baik.

"Selanjutnya kepada OPD yang bertanggungjawab tehadap 9 lomba desa percontohan TP PKK agar segera menetapkan desa pemenang lomba dan melakukan pembinaan, khusus kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa selaku penyelenggara kegiatan Rakornis PKK, kedepannya kegiatan ini tidak lagi dilaksnakan di Pendopo Rumah Dinas, buat kegiatannya di Desa/Kelurahan pemenang lomba tingkat Kabupaten, baik pemenang dalam kategori Bulan Bhakti Gotong Royong maupun untuk kategori Hari Kesatuan Gerak PKK yang bertujuan para OPD yang terkait dapat langsung melakukan pembinaan kepada desa pemenang lomba tahun 2020," tuturnya.

Diakhri bimbingan dan arahannya, Mantan Wakil Bupati dua periode itu juga menerangkan bahwa beberapa prestasi perlombaan yang diraih oleh beberapa desa yang ada di Kabupaten Asahan, maka dari itu, Bupati Asahan meminta kepada OPD terkait dapat membantu proses tindak-lanjut dari setiap kegiatan lomba.

TP PKK Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan evaluasi terkait lomba-lomba desa percontohan PKK, dimana Kabupaten Asahan meraih pemenang terbaik untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara yaitu lomba posyandu di Desa Tinggi Raja Kecamatan Tinggi Raja dan lomba Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh Cinta Kasih Sayang (PAAR) di Desa Sei Beluru Kecamatan Meranti. Oleh karena itu kepada OPD terkait selaku pembina PKK dapat membantu proses tindak lanjut dari setiap kegiatan lomba-lomba tersebut," tutupnya.

Narasumber pada kegiatan Rakornis ini yaitu Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan M. Azmy Ismail, AP, MSi, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Asahan M. Syarif, SH dan Kepala Dinas Ketahanan Pagan Kabupaten Asahan yang diwakili oleh Kepala Bidang Ketersedian dan Kerawanan Pangan Ir. Risnawati.*