SIMALUNGUN-Ragam budaya dan suku, agama serta aliran kepercayaan lainnya hidup rukun di Bumi Habonaron Do Bona Simalungun, dan acapkali merayakan hari-hari besar keagamaan, mulai dari Hari Raya Idulfitri, Natal, dan kali ini melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simalungun, merayakan Tahun Baru Imlek 2020 yang jatuh pada hari Sabtu, 25 Januari 2020, namun hiburan rakyat akan diselenggarakan ditepian Danau Toba Pantai Bebas Parapat pada hari Minggu (26/1/2020).

Demikian disampaikan Kadis Pariwisata Simalungun Resman Saragih, Sabtu (25/1/2020), sekaligus mencek lokasi persiapan acara, dan kali ini kita undang juga mereka (warga Tionghoa,red) "Supaya hadir dalam acara ini, sebab mereka juga adalah masyarakat Kabupaten Simalungun berbaur bersama wisatawan kita dalam hiburan rakyat," Kata Resman.

"Sebenarnya kegiatan ini telah dilaksanakan setiap tahunnya dengan bertujuan guna meningkatkan persaudaraan antar etnis yang ada di Kabupaten Simalungun dan dengan keberadaan etnis Tionghoa di Bumi Habonaro Do Bona ini yang dapat hidup berdampingan dengan suku dan etnis lainnya juga merupakan gambaran, betapa kokohnya rasa kebersamaan dan kehidupan multi kultural yang saling menghormati dan dapat menerima perbedaan dalam segala hal," Kata Resman.

"Jadi kegiatan berupa hiburan rakyat ini, juga bagian dari rasa kebersamaan kita dalam merayakan Imlek di Kabupaten Simalungun dan hiburannya ditepaian Danau Toba, pantai Bebas Parapat, Kelurahan Parapat yang kita cinta ini," ujar Resman.

Sementara itu menurut salah seorang warga Parapat, Denny 'Singgalang' perihal suguhan hiburan rakyat ditahun 'Imlek' ini adalah bagian dari penghormatan. "Sangat kami hargai dan kamipun mengucapkan terimakasih, Gong Xi Fa Cai, Ujar Denny yang sudah bermarga Sinaga itu. Jadi untuk tahun ini berdasarkan kalender China, 2020 merupakan tahun Tikus Logam Jantan dan Momen pergantian tahun lazim digunakan sebagai ajang memperbaiki diri dengan berbagai resolusi yang harus dicapai di tahun baru 2020. Setiap orang tentu ingin selalu menjadi lebih baik dalam segala hal, baik asmara, keuangan, karier, keluarga dan sebagainya. Sebenarnya Gong Xi Fa Cai bukanlah bahasa Mandarin yang berarti selamat tahun baru tapi arti sebenarnya adalah "Selamat berbahagia dan kaya raya" dan untuk mengucapkan selamat Imlek, kita bisa mengucapkan "Xinnian Kuaile", ungkapnya. "Kita sangat mengapresiasi dan memberi rasa hormat kepada Pemkab Simalungun yang menyelenggarakan acara hiburan rakyat melalui Imlek tahun 2020 ini, kami akan hadir walau hanya puluhan orang saja di kota Wisata Parapat ini, Terimakasih dan Horas, "ujar Denny.*