BatuBara-Naas seorang pemilik toko sembako dan jajanan di Desa Binjai Baru, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara saat dirampok di dalam tokonya oleh seorang pria bernama Amrullah (38) warga Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (24/1/2020).

Diketahui korban bernama Ernika br Saragih (55). Ernika pada saat kejadian sedang menjaga toko miliknya. Kemudian pelaku tiba untuk merampok dengan bertindak kejam kepada korban.

Dihimpun dari seorang warga yang tengah beraktivitas di dekat Tempat Kejadian Perkara (TKP). Warga tersebut terkejut mendengar teriakan minta tolong dari sebuah toko tersebut.

Warga tersebut bernama Yusuf Harahap yang merupakan saksi mata. Yusuf menjelaskan bahwa tak lama dari asal sumber suara, terlihat seorang pria mengenakan baju warna hijau berlari keluar dari dalam Toko Citra. Setelah itu seorang wanita paruh baya keluar merangkak dengan kondisi berlumuran darah dari toko tersebut.

"Posisi ku di kedai seberang, cakap-cakap sama kawan. Ku lihat ibu itu (korban) keluar, udah berdarah-darah. Sebelumnya ada juga ku lihat orang, laki-laki pakai baju hijau lari," jelas Yusuf kepada wartawan.

Melihat kejadian itu, Yusuf dan temannya langsung mengejar pelaku yang belari ke arah Kota Kisaran. Usaha pengejaran itu pun akhirnya berhasil dan pelaku sempat dihakimi warga.

"Langsung ku kejar, ketangkap sekitar 200 meter dari TKP. Dari tadi memang ku perhatikan pelaku sudah berada di depan toko korban, diantar kawannya naik sepeda motor Honda Beat biru," jelasnya.

Beruntung, ada petugas kepolisian, sehingga pelaku terhindar dari amukan massa yang geram.

Setelah dilakukan pemeriksaan, identitas pelaku diketahui bernama Amrullah (38) warga Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Tersangka kemudian dibawa ke Polres Batubara.

Sementara itu, korban yang berlumuran darah akibat ditusuk pelaku dilarikan ke Rumah Sakit Setio Husodo, Kisaran, Kabupaten Asahan untuk mendapatkan perawatan.

Menurut suami korban, Arnold Damanik (60), istrinya mengalami luka tusukkan di bagian leher dan perut. Pelaku yang diketahui bernama Amrullah menghujam pisau saat korban tengah menuju kamar mandi yang ada di dalam toko.

"Di batang leher ada tiga, perut ada satu dalamnya 5 cm. Pisaunya diambil pelaku dari toko kami," kata Arnold yang ditemui di Rumah Sakit Setio Husodo.

Peristiwa yang dialami Ernika br Saragih diketahui Arnold setelah mendapat telpon dari seorang menantunya. Saat kejadian ia sedang berada di ladang, yang tak jauh dari toko mereka.

"Saya pas kejadian lagi di ladang. Ditelpon menantu, katanya mamak kena rampok. Langsung saya balek ke toko," sebutnya.*