MEDAN-Kapolsek Medan Baru, Kompol Martuasah Hermindo Tobing SIK MH melakukan pengecekan pengamanan Vihara Gunung Timur, Jumat, (24/1/2020).

Hal itu dilakukan Kapolsek guna memastikan keamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Tahun 2020 di seluruh vihara yang ada di wilayahnya. “Personel pengamanan vihara ini terdiri dari personel Polsek Medan Baru yang dibantu dari personel Brimob Polda Sumut, Sat Sabhara Polrestabes Medan, TNI dan dari Pemko Kota Medan serta kepala lingkungan,” ujar Kompol Martuasah.

Untuk Wilayah Polsek Medan Baru, lanjut dijelaskan mantan Kasat Reskrim Polresta Deliserdang ini ada 24 vihara yang melaksanakan ibadah sembahyang dalam rangka Perayaan Tahun Baru Imlek. “Salah satunya vihara yang dicek ialah Vihara Gunung Timur, Jalan Hang Tuah No. 16 Medan yang merupakan salah satu pengamanan skala prioritas, dikarenakan vihara ini termasuk vihara yang besar dan merupakan vihara tempat yang sering dikunjungi oleh turis mancanegara,” jelasnya.

Selain itu, dalam pengecekan tersebut, orang nomor satu di Mapolsek Medan Baru ini menerangkan, pengamanan ini dilakukan adalah semata-mata bentuk pelayanan terhadap kegiatan masyarakat yaitu untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat yang melaksanakan ibadah di vihara-vihara. “Dalam hal penugasan dan pengamanan Imlek ini agar masing-masing personel memahami SOP tugas dan tanggung jawab masing-masing personel dan mengetahui jadwal ibadah dan senantiasa bekerja sama dengan panitia keamanan internal tempat-tempat sembahyang Perayaan Imlek. Juga agar setiap personal pengamanan segera melaporkan secara berjenjang melalau alat komunikasi seperti HT atau pun telepon jika mendapatkan gangguan kamtibmas,” terangnya seraya menyebutkan tugas pengamanan ini juga merupakan ibadah.

Untuk itu, Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2005 ini mengajak personel yang terlibat pengamanan untuk mengerjakan tugas dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh agar menjadi berkah.