JAKARTA - Sebanyak 20 atlet terdiri dari 10 putra dan  10 putri terpilih masuk tim inti yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC). Kejuaraan beregu putra dan putri se-Asia ini akan dihelat di Ruzal Memorial Colliseum Manila, Filipina, 11-16 Februari 2020. BATC menggunakan format permainan Piala Thomas dan Piala Uber. Dalam dua penyelenggaraan terakhir, tim putra Indonesia berhasil merebut gelar juara. Di BATC 2016 yang berlangsung di Hyderabad, India, tim putra Indonesia menjadi jawaranya, begitu pula dua tahun kemudian di Alor Setar, Malaysia.

Melihat komposisi pemain, tim putra Indonesia memang punya kans kuat untuk mempertahankan gelar juara. Sektor tunggal putra diperkuat Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, sedangkan sektor ganda putra ada pasangan rangking satu dan dua dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

"Badminton Asia Team Championships ini adalah pemanasan sebelum Piala Thomas dan Uber. Kami menurunkan tim terbaik, untuk peluang, tim putra lebih besar peluangnya. Target di sini yang penting lolos dulu ke final Piala Thomas dan Uber, lalu memantapkan posisi peringkat unggulan tim," ujar Susy Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

"Turnamen ini masuk poin race to olympic juga, makanya kami benar-benar perhatikan di sini. Kami maunya tampil maksimal di semua kejuaraan, namun ada skala prioritas, ini kan namanya strategi," lanjut Susy.

Sementara itu di tim putri, nama pemain muda Putri Kusuma Wardani masuk dalam tim inti. Putri merupakan pemain junior kelahiran 20 Juli 2002. Sedangkan Fitriani tak masuk dalam tim inti seperti dua tahun silam.

"Semua susunan terbaik, kecuali di tunggal putri tanpa Fitriani karena kepercayaan diri dia sedang drop, kalau kami paksa dan dia kalah lagi, dia bisa frustasi. Sekarang kalau latiahan lagi ada pembenahan, sampai dia siap, semoga dia bisa lewati. Tim pelatih juga mau turunkan yang muda dulu untuk pengalaman," ungkap Susy.

Berikut daftar tim inti di Badminton Asia Team Championships 2020:

Tim Putra

1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie
3. Shesar Hiren Rhustavito
4. Firman Abdul Kholik
5. Kevin Sanjaya Sukamuljo
6. Marcus Fernaldi Gideon
7. Hendra Setiawan
8. Mohammad Ahsan
9. Fajar Alfian
10. Muhammad Rian Ardianto

Tim Putri

1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Ruselli Hartawan
3. Choirunnisa
4. Putri Kusuma Wardani
5. Greysia Polii
6. Apriyani Rahayu
7. Ni Ketut Mahadewi Istarani
8. Tania Oktaviani Kusumah
9. Siti Fadia Silva Ramadhanti
10. Ribka Sugiarto. ***