JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melihat kans mantan pasangannya di Pilpres 2019, Sandiaga Uno sebagai calon presiden potensial di 2024. Apalagi nama anggota dewan pembina Gerindra itu digoda Presiden Joko Widodo sampai Kepala BIN Budi Gunawan. "Bisa saja," jawabnya singkat saat ditanya wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/1).

Prabowo tak bicara lebih lanjut soal kans Sandiaga. Dia menilai, pertarungan presiden 2024 masih lama. "Masih lama, masih lama itu," kata dia.

Punya Modal Politik Tinggi

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon juga yakin Sandiaga memiliki kans untuk maju sebagai capres. Dia bilang, Sandiaga memiliki modal politik yang tinggi.

"Ini pemilu masih lama, saya pikir memang Pak Sandi punya modal politik yang cukup tinggi kan. Kemarin sebagai cawapres, saya kira wajar dengan modal politik yang tinggi seperti itu, bisa jadi salah satu kandidat, jadi saya kira itu hal yang logis saja di dalam politik," kata Fadli.

Dia melihat gestur yang baik dari sikap Presiden Jokowi. Menurutnya dukungan tersebut juga hal yang wajar.

"Saya kira secara politik juga sangat wajar, karena kemarin kan jadi kompetitor, pak Prabowo juga kan sudah di dalam, dan jadi Menhan. Pak Sandi tidak berada di dalam, dan saya kira masih rating kan masing tinggi semuanya," kata Fadli.

Namun, Fadli belum membaca apakah Gerindra bakal berkoalisi di 2024. Menurutnya, masih terlalu jauh. Dia prediksi dua tahun kemudian baru kelihatan.

"Jadi saya kira itu nanti sangat tergantung dinamika politik jelang itu yah. Saya kira masih dua tahun yang akan datang," kata dia.***