JAKARTA - Mulfachri Harahap didukung oleh Amien Rais sebagai calon Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) pada kongres yang digelar Februari 2020 mendatang. Mulfachri Harahap, anggota DPR asal daerah pemilihan Sumatera Utara I ini masih menjabat juga sebagai wakil ketua umum DPP PAN. Dukungan Amien Rais itu juga diakui Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan atau biasa disapa Zulhas.

"Pak Amien kan dukung Pak Mulfachri. Itu sudah jelas ya,” kata Zulhas di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Zulhas mengakui sebagai pendiri partai, Amien rais sudah melekat dengan PAN. "Pak Amin pendiri partai, PAN ya Pak Amien, Pak Amien ya PAN. Tapi kan kita kompetisinya sama Mulfachri, sama Asman (Asman Abnur),” ujarnya.

Karena itu, Zulhas menganggap wajar jika Amien menyebut duet Mulfachri dan Hanafi Rais yang disingkat menjadi MH dan diartikan “memberikan harapan” sebagai tagline-nya. “Ya enggak apa-apa, masing-masing punya tagline,” ucapnya.

Kendati demikian, Zulkfli menegaskan persaingan adalah hal biasa di internal PAN. Setelah berkompetisi, diharapkan seluruh kader PAN bisa tetap kompak.

Dukungan terhadap Mulfahri juga datang dari Barisan Muda PAN. Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) menilai pasangan Mulfachri-Hanafi Rais, lebih mewakili semangat kaderisasi dan kepemimpinan muda di PAN.

Oleh sebab itu BM PAN memutuskan mendukung Mulfachri Harahap sebagai calon ketua umum dan Hanafi Rais sebagai sekretaris jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025.

Hal tersebut merupakan keputusan rapat harian di Markas BM PAN, Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan yang digelar hari ini.

"Keputusan BM tersebut, sebagai penerjemahan dari hasil Rapimnas di Jakarta pada 6-7 Desember 2019," ujar Ketua Umum BM PAN Ahmad Yohan.

BM PAN menilai pasangan Mulfachri-Hanafi Rais, lebih mewakili semangat kaderisasi dan kepemimpinan muda di PAN. Dikatakannya, paket Mulfachri-Hanafi memiliki proyeksi yang konkret tentang kaderisasi, desentralisasi kebijakan partai, reunifikasi dan konsolidasi organisasi.

Dia menambahkan, pasangan Mulfahri-Hanafi memiliki proyeksi tentang PAN, yang mampu memberikan harapan bagi penguatan partai lima tahun ke depan. "Oleh sebab itu, melalui forum rapat harian sebagai penerjamahan terhadap hasil Rapimnas, maka dengan ini, BM PAN memutuskan untuk mendukung Mulfachri-Hanafi, sebagai pasangan calon ketua umum dan sekretaris jenderal PAN Periode 2020-2025," katanya.***