SERDANG BEDAGAI-Polres Sergai bersama Instansi melaksanakan Apel kesiapan Penanggulangan Bencana alam di wilayah hukum Polres Sergai, bertempat di Halaman Mako Polres Sergai, Seirampah. Rabu(15/1/2020) sekira pukul 08:00WIB.

Apel upacara Siaga Bencana Alam dengan tema Kita Jaga Alam Jaga Kita di pimpin langsung oleh Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang.

Dalam sambutan,Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang menyampaikan bahwa maksud tujuan pelaksanaan apel ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam rangka kesiapan siagaan penanggulan bencana alam di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Apabila terjadi bencana, kita sudah mempersiapkan penanganya sedini mungkin. Mulai dari pelibatan personil sampai penggelaran sarana dan prasarana,"kata Kapolres Sergai AKBP Robin.

Adapun penyelenggaraan bencana ada 3 tahap penyelenggaraan penanggulangan bencana antara lain, Perencanaan dalam situasi tidak terjadinya bencana dan dalam situasi terdapat potensi terhadinya bencana dengan cara melaksanakan kesiap siagaan peringatan dini dan mitigasi bencana.

Tanggap darurat penyelengaraan penanggulangan bencana saat tanggap darurat. Pasca bencana penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan cara melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi.

"Kategori bencana dan keadaan darurat bencana yaitu peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan menganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam serta faktor manusia yang mengakibatkan timbul korban jiwa, kerugian harta benda dan kerusakan lingkungan yang memelukan penanganan tindakan segera," jelasnya.

Untuk itu, Kapolres Sergai berharap benar - benar siap nantinya dalam antisipasi penanganan dampak dari bencana.

Sementara itu, Kepala BPBD Sergai Hendri Suharto didampingi Kabid Pengcegahan dan Kesiap Siagaan Dadan Penanunggalangan Bencana Daerah Hj, Mira Montana mengatakan bahwa penyelenggaraan Penanganan bencana alam ada tiga bagian yaitu, Kesiapan sebelum terjadi bencana alam, Penanganan saat terjadi bencana alam dan Penanganan setelah terjadinya bencana.

"Untuk wilayah Kabupaten Serdang Bedagai ada dua kemungkinan terjadi bencana alam terdiri Angin Puting Beliung dan Banjir," kata Henri Suharto.

"Kita harus hadir ditengah masyarakat dalam kejadian bencana alam dan harus mampu mengembalikan traumatik para korban bencana sebagai bukti kesiapan kita dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Serdang Bedagai," jelas Kepala BPBD Sergai Hendri Suharto.

Selanjutkan usai pelaksanaan upacara Siaga Bencana dengan sesi Foto Bersama hingga berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif.

Dalam kegiatan ini turut hadir apel Siaga Bencana Alam, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH, M. Hum, Dandim 0204/ DS, Letkol Kav. Syamsul Arifin , SE, Sekda Kab.Sergai H.M. Faisal Hasrimy AP. MAP, Kepala BPBD Sergai, H Hendri Suharto, Ketua MUI Sergai, H Hasbul Panjaitan, Ketua FKUB Drs. Irfan Elfuadi Lubis dan Para Kadis OPD Sergai, Barisan PMI Kab.Serdang Bedagai, Barisan Personil, Para PJU Polres Sergai, Barisan Personil Polres Sergai, Barisan Personil Kodim 0204/DS, Barisan Senkom Mitra Polri, Barisan Karang Taruna, Barisan Pramuka.*