NISEL-Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP-PKN) Perwakilan Kabupaten Nias Selatan menggelar rapat perdana khususnya pihak Badan Pengurus Harian (BPH) dan Koordinator/Wakil Koordinator BPP-PKN Perwakilan Kabupaten Nias Selatan di Ruang Meeting, Dinas Kesehatan, Senin, (13/1/2020), Jalan Saonigeho Km 3, Telukdalam.

Rapat tersebut digelar dalam rangka membahas rencana penyelenggaraan seminar pemantapan wawasan kebangsaan yang bertajuk pembentukan Provinsi Kepulauan Nias berdasarkan kepentingan startegis nasional.

Selain itu, juga untuk membahas pelantikan pengurus BPP-PKN Perwakilan Kabupaten Nias Selatan yang baru.

Rapat dipimpin langsung Ketua Pengurus Harian BPP-PKN Perwakilan Kabupaten Nias Selatan, Sidi Adil Harita, S.Sos,.MA didampingi Sekretaris, Drs.Samolala Lase serta sejumlah pengurus lain dan Kordinator/Wakil Koordinator BPP-PKN Perwakilan Kabupaten Nias Selatan.

Ketua Pengurus Harian BPP-PKN Perwakilan Kabupaten Nias Selatan, Sidi Adil Harita mengatakan, pertemuan ini diawali dengan pernyataan sikap tokoh-tokoh Kepulauan Nias saat kedatangan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Tanggal 9 Desemner 2019 di Desa Bawomataluo Kabupaten Nias Selatan.

" Jadi, ini telah membangkitkan semangat baru bagi pergerakan pembentukan Propinsi Kepulauan Nias sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama BPP Provinsi Kepulauan Nias menerbitkan Keputusan Nomor : 135/01/K/2019, tertanggal 16 Desember 2019 tentang perubahan susunan Kepengurusan BPP Provinsi Kepulauan Nias perwakilan Kabupaten Nias Selatan," tuturnya.

Ia menerangkan, sebelumnya juga Pengurus BPP PKN Kabupaten Nisel sudah ada sejak Tahun 2012 namun karena berbagai kesibukan kepengurusan yang lama makanya dibentuk Kepengurusan baru.

Kepengurusan BPP-PKN Kabupaten Nias Selatan yang baru ini juga sudah terbentuk termasuk pembina dan penasehat dan dalam waktu dekat akan dilantik. "Jadi, kita sudah di SK-kan oleh BPP Pusat,"imbuhnya.

Ia menyebutkan, tahapan-tahapan yang dilakukan oleh BPP-PKN Perwakilan Kabupaten Nias Selatan yang baru diantaranya melakukan audensi kepada Forkopimda pada Tanggal 20 Desember 2019, melanjutkan pertemuan arahan Forkopimda Nisel dengan rumusan melaksanakan pelantikan pengurus baru BPP-PKN Perwakilan Nias Selatan.

Selanjutnya, merencanakan untuk melaksanakan seminar wawasan kebangsaan yang bertajuk pembentukan Provinsi Kepulauan Nias berdasarkan pertimbangan kepentingan startegis nasional.

Dalam seminar itu nantinya akan didatangkan 7 narasumber yakni, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, Menkumham RI, Yasonna H Laoly, Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, Ketua Umum BPP Provinsi Kepulauan Nias, Christian Zebua, Ketua Umum HIMNI, Marinus Gea, Ketua Umum Fornisel, Brigjen Pol Bahagia Dachi dan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha.

"Kemudian, kita telah melakukan pertemuan pada tanggal 9 Januari 2020 untuk menyiapkan bahan rapat yang dilaksanakan pada hari ini (13/1/2020) serta menggelar rapat bersama Koordinator/Wakil Ketua Bidang dan akan melakukan beberapa agenda lain ke depan untuk mendorong terwujudnya pemekaran Kepulauan Nias," sebutnya.

Pihaknya juga mendorong panitia pelaksana (OC) untuk melakukan konsolidasi persiapan pelaksanaan seminar agar berjalan lancar dan sukses.

"Kita terus berharap agar seluruh elemen masyarakat Kepulauan Nias bergandeng tangan untuk mewujudkan Kepulauan Nias menjadi sebuah Provinsi," pintanya.*