LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, memberangkatkan 5 orang putra/putri terbaik Kabupaten Labuhanbatu untuk belajar dan menuntut ilmu ke Universitas Al Azhar Mesir dari Masjid Agung Jalan Ahmad Yani Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Kamis (9/1/2020) malam.


Pemberangkatan ini di dampingi Kakan Kemenag H. Safiruddin, Camat Rantau Utara H Turing Ritonga, Ketua Karang Taruna Labuhanbatu dan Ketua Al Azhar Centre Labuhanbatu H Rendy Fitrayana.

"Semoga para mahasiswa yang kita berangkatkan pada hari ini, setelah berhasil menimba ilmu dan akan kembali ke Labuhanbatu untuk mengabdi di masyarakat dengan ilmu yang luar biasa dan menjadi generasi penerus para ulama-ulama," ungkap Bupati dalam arahannya.

Bupati juga menambahkan, 2 minggu yang lalu islamic center telah menghibahkan tanah kepada Pemkab Labuhanbatu seluas 9 hektare yang rencananya akan dipergunakan untuk membangun Universitas Islam Negeri.

"Kita semua berharap agar anak-anak kita ini nantinya bisa membanggakan Kabupaten Labuhanbatu, dan kepada para orangtua jangan merasa sedih, karena mereka sedang berjihad belajar ilmu agama," sebut Andi Suhaimi.

Pada acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Drs. H. Safiruddin, M. Pd menyampaikan, kami bangga memiliki Bupati yang memiliki pandangan, pemikiran maju ingin menjadikan Kabupaten Labuhanbatu beradab, maju dan modren tetapi dikemas dengan nilai-nilai ilmu agama yang religius, jelasnya.

Ustadz H. Rendy Fitrayana, Lc, MHI menjelaskan, adapun para mahasiswa yang berangkat menuntut ilmu selama 4 sampai 5 tahun di Al-Azhar Mesir sebanyak 5 orang, 2 laki-laki dan 3 perempuan, dalam hal ini biaya keberangkatan, tiket pesawat, biaya administrasi dan juga biaya asrama serta makan selama 1 tahun akan dibantu oleh Pemkab Labuhanbatu.

Selain itu juga, bagi anak-anak Labuhanbatu yang belajar di Al-Azhar Mesir saat ini ada 16 orang ditambah 5 yang malam ini akan diberangkatkan, rencananya akan menerima bantuan setiap tahunnya dari Pemkab Labuhanbatu, jelas Ustadz H. Rendy Fitrayana, Lc, MHI.

Perwakilan mahasiswa Ahmad Zaki Hasibuan mengucapkan ribuan terimakasih kepada Bupati, banyak teman-teman dari luar daerah merasa iri dengan kami sehingga mereka ingin pindah ke Labuhanbatu karena ada program luar biasa seperti beasiswa ke Al-Azhar Mesir ini, jelas Ahmat Zaki.

Berikut nama-nama mahasiswa yang akan diberangkatkan, yaitu Glen dari Kecamatan Rantau Utara, Ahmad Zhaki Hasibuan dan Nurhabni Hasibuan dari Kecamatan Pangkatan, Siti Nurhayati Kecamatan Panai Hilir kemudian Nurul Husnah dari Kecamatan Bilah Barat.

Sebelum diberangkatkan dari halaman Masjid Agung Rantauprapat, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, secara pribadi memberikan bantuan uang saku untuk kebutuhan diperjalanan kepada 5 orang putra/putri terbaik Kabupaten Labuhanbatu ini.