TOBASA-Untuk mengenalkan dan meningkatkan kwalitas serta kwantitas Andaliman di kancah Nasional PT Toba Pulp Lestari, Tbk akan membangun Rumah Produksi Andaliman di Taman Eden 100.

Pembangunan Rumah Produksi Andaliman Taman Eden menggunakan dana CD TPL sebesar Rp. 143 Juta. Dengan pembangunan rumah produksi Andaliman ini kedepannya produksi Andaliman diharapkan semakin meningkat dan juga dapat bermitra dengan para petani andaliman di kawasan Danau Toba.

Bertempat di perbukitan desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.PT Toba Pulp Lestari, Tbk berkolaborasi bersama Taman Eden 100 dengan membangun Rumah Produksi Andaliman di Taman Eden 100 yang pembangunannya didanai dan dilaksanakan oleh perusahaan penghasil bubur kertas (Pulp) di Sosorladang Kecamaatan Parmaksian Tobasa.

Dengan telah selesainya pembangunan Rumah Produksi Andaliman ini oleh perusahaan melaksanakan serah terima Rabu, (8/1/2020). Serah terima rumah produksi Andaliman dihadiri oleh Manager Community Development (CD) PT TPL Hema Butar-Butar didampingi oleh beberapa staff CD berikut dari pihak Taman Eden 100 oleh Marandus Sirait selaku pendiri serta beberapa staff Taman Eden 100 turut serta mendampingi serah terima Rumah produksi Andaliman.

Dibangun dan diserah terimakannya Rumah Produksi Andaliman untuk digunakan sebagai peningkatan kemasan dan produksi Andaliman dengan metode Standart Operasional (SOP). Fasilitas Rumah Produksi Andaliman ini guna untuk memdukung Produk Andaliman dari Taman Eden 100 yang telah menerima label produk Halal dari MUI. Dengan label Halal tersebut Andaliman yang diproduksi dapat dipasarkan secara Nasional.

Dalam sambutanya Marandus Sirait selaku pendiri Taman Eden 100 menyampaikan, bahwa sebelumnya Taman Eden 100 belum memiliki rumah produksi khusus untuk Andaliman sebagai upaya peningkatan pemasaraan produksinya yang selanjutnya dapat dipasarkan secara Nasional. "Selama ini dalam upaya produksi dan pengemasan Andaliman masih menggunakan ruangan musik yang ada. Sekarang, dengan adanya Rumah Produksi yang dibangun dan diserahkan oleh PT.TPL,Tbk tentunya akan meningkatkan aktivitas penjualan menjadi lebih efektif,"harapnya.

Serah terimakannya rumah Produksi Andaliman oleh PT.TPL, Tbk kepada Taman Eden 100 dengan beberapa fasilitas perlengkapan seperti mesin penggiling Andaliman, Pengering dan mesin pembuat tepung Andaliman juga etalase produk serta berbagai perlengkapan-perlengkapan lainnya untuk produksi.

Atas bantuan pembangunan Rumah Produksi yang dibangun dan diberikan kepada Taman Eden 100 oleh PT TPL, Marandus mengapresiasi kebijakan perusahaan PT.TPL,Tbk yang membangun Rumah Produksi Andaliman merupakan salah satu upaya perusahaan mendukung pengembangan ekonomi masyarakat secara khusus melalui kerjasama dengan Taman Eden 100.

“Saya mengucapkan terimakasih atas responnya PT TPL yang memberikan perhatiannya kepada kami. Saya yakin Andaliman akan menjadi booming tidak hanya di derah kita ini, tapi akan menjadi produk andalan di kawasan Danau Toba,” ujar Marandus dengan semangat.

Diketahui sejak tahun 2009, PT Toba Pulp Lestari, Tbk telah melakukan kerjasama dengan pihak Taman Eden 100, diantaranya kerjasama pembibitan Andaliman, sarana pembibitan, Aula Taman Eden, juga penanaman bibit Andaliman sebanyak 20.000 batang bibit Andaliman di Kecamatan Lumbanjulu.*