LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe mengharapkan adanya inovasi desa yang bernilai ekonomi.

Demikian disampaikannya pada peresmian Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2020-2025 dan peresmian Pengurus Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten dan Kecamatan periode 2019-2024 yang berlangsung di Aula Asrama Haji Ujung Bandar, Kamis (9/1/2020) pagi.

Lebih lanjut Andi mengungkapkan, kehadiran BPD untuk desa sangat diperlukan guna mendorong kemajuan dan melahirkan potensi-potensi desa yang sangat luar biasa, serta menghasilkan ekonomi kerakyatan agar bisa mensejahterakan masyarakat di daerahnya masing-masing.

"Saya himbau diantara BPD, Kepala Desa dan juga perangkat Desa serta masyarakat bisa besinergi dengan baik, sebab tanpa kebersamaan, persatuan dan kekompakan, semua program kerja tidak akan terlaksana dengan baik, saya harap seluruh Desa bisa menghasilkan PAD untuk Kabupaten Labuhanbatu," kata Andi.

Sementara itu, Ketua Umum PPDI Sumut Mesran menyebutkan, sampai saat ini pihaknya tetap mengawal implementasi Undang-Undang Desa agar tidak menjadi produk hukum yang gagal, selanjutnya diharapkan BPD menjalin sinkronisasi dengan Kepala Desa dan perangkatnya, mari satukan tekad membangun desa sejahtera.

Di sisi lain, Ketua Umum PPDI Kabupaten Labuhanbatu Basuki, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Labuhanbatu yang telah memfasilitasi pengukuhan PPDI, ini merupakan pengukuhan pertama sejak terbentuknya PPDI di Labuhanbatu pada Tahun 2013, adapun jumlah perangkat Desa yang ada hingga saat ini yaitu sebanyak 1023 orang.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Abdi Jaya Pohan menjelaskan, pelaksanaan tahapan pemilihan BPD periode 2020-2025 dilakukan mulai September hingga Desember Tahun 2019, dengan jumlah BPD terpilih sebanyak 456 orang di 75 Desa se-Kabupaten Labuhanbatu.

Hadir pada kegiatan tersebut, unsur Forkopimda Labuhanbatu, Sekda Ahmad Muflih SH, MM, Asisten dan Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Labuhanbatu, dan seluruh anggota BPD terpilih serta perangkat desa.