LABURA - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meninjau langsung lokasi banjir yang terjadi di Kabupaten Labuhanbatu Utara tepatnya di Desa Pematang, Kecamatan NA IX-X. Kehadiran Gubsu disambut langsung Bupati Labuhanbatu Utara, H. Khairuddin Syah Sitorus di Lapangan SD Negeri Pematang, Rabu (8/1/2020).

Setibanya di lokasi, Gubsu yang datang dari Kota Medan menggunakan helikopter sekira pukul 09.00 bersama Kasdam I Bukit Barisan, Untung Budiarto dan Wakapolda Sumatera Utara, Mardiaz Kusin Dwihananto, selanjutnya meninjau lokasi banjir di Dusun Siria-ria Desa Pematang sejauh 3 kilometer dari lokasi turunnya helikopter yang ditumpangi Gubsu beserta rombongan.

Kehadiran Gubsu disambut antusias korban bencana. Mereka meluapkan keluhannya sekaitan terganggunya mata pencarian 126 kepala keluarga akibat terjangan air bercampur lumpur yang membawa bebatuan dan kayu berukuran besar yang menimpa mereka pada Sabtu (28/12/2019) malam yang lalu.

Dalam kesempatan itu, Edy Rahmayadi prihatin atas kejadian bencana banjir besar di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Pihaknya berjanji akan merealisasi pemulihan pasca banjir besar secepatnya dan menata kembali mulai dari infrastruktur hingga perekonomian masyarakat di daerah itu.

Menurutnya, bencana ini harus diantisipasi dengan menaati peraturan jangan membangun rumah di dalam kawasan aliran Sungai.

"Kami akan memulihkan daerah ini pasca bencana dan masyarakat jangan membangun rumah di daerah aliran sungai," jelas Gubsu.