MEDAN-Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Medan Baru konsolidasi dengan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat.

Itu dilakukan dalam kaitan menyongsong perhelatan pemilihan wali kota dan Wakil Wali Kota Medan yang akan diselenggarakan pada 23 September Tahun 2020 mendatang.

Karenanya, Panwaslih Kecamatan Medan Baru langsung tancap gas melakukan konsolidasi dengan unsur Muspika.

Ketua Panwaslih Kecamatan Medan Baru, Sorta Hernawati Hutasoit, didampingi dua Komisioner lainnya Frans Nesten M Marbun selaku Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) dan Utama Surbakti, Koordinator Divisi Organisasi dan Sumberdaya Manusia (OSDM) mengatakan, setelah berkoordinasi dengan stakeholder di tingkat kecamatan, terjalin sebuah komitmen bersama yakni terciptanya pemilihan yang berintegritas, jujur dan menjunjung tinggi sportifitas. “Kita (Panwascam) bersama dengan unsur stakeholder terkait telah sepakat untuk menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Medan berjalan dengan baik, jujur dan berintegritas tinggi. Dalam hal ini, Koramil 05/MB dan Polsekta Medan Baru siap dan mendukung penuh tugas Panwascam Medan Baru, ini luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Frans Nesten M Marbun selaku Kordiv PHL menambahkan, pihaknya juga akan membangun komunikasi dengan sejumlah elemen, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan organisasi yang ada di wilayah Kecamatan Medan Baru untuk bersama-sama mengawal perhelatan Pilkada Medan ini supaya berjalan dengan baik tanpa ada gangguan apapun. “Untuk itu, kami berharap, masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan bujuk rayu apalagi menggunakan politik uang dan SARA. Karena itu, besar harapan kami pihak kecamatan membantu secara langsung memberikan edukasi dan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah Medan Baru, terutama dalam menertibkan spanduk yang melanggar ketentuan,” tambahnya.

Senada dengan itu, Komandan Rayon Militer (Danramil) 05/MB, Kapten (arm) E Hutabarat mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Panwacam Medan Baru. “Kami siap bekerja sama dan mendukung penuh kinerja Panwascam Medan Baru. Pilkada Medan ini harus berjalan dengan baik, tertib dan kondusif, jujur serta menjunjung tinggi sportifitas,” tegasnya.

Kami, sambungnya, dalam perhelatan ini akan bertindak netral dan turut serta mengawal untuk kedamaian. “Kami tidak akan berpihak pada siapapun. Kami siap membantu Panwascam Medan Baru,” tegasnya.

Senada dengan Danramil, Kapolsek Medan Baru, Kompol Martuasah Hermindo Tobing mengatakan, pihaknya juga siap mengawal perhelatan ini dari awal hingga selesai. “Kami siap mengawal, siap bertindak, dan siap mengamankan. Kami juga siap jika Panwascam sewaktu-waktu meminta bantuan pengamananan kepada kami,” katanya.

Ini, sambungnya, demi terciptanya situasi keamanan yang kondusif. “Untuk menciptakan suasana yang kondusif kami siap kapan saja,” tegas mantan Kanit Ekonomi Satreskrim Polrestabes Medan ini.

Terpisah, Camat Medan Baru, Illyan Chandra E Simbolon mengatakan, pihaknya juga siap membantu tugas dan kerja-kerja Panwascam Medan Baru. “Prinsipnya kami siap membantu, pengawasan pemilihan itu adalah kewenangan Panwascam jika kami diminta untuk membantu mengedukasi, saya akan koordinasikan dengan jajaran mulai dari Lurah hingga Kepling di wilayah kami,” pungkasnya.