STABAT - Wakil Bupati Langkat Syah Afandin bersama Wakil Ketua DPRD Langkat Ir. Antoni Ginting beserta jajaran mendukung program Go Eco Health Tourism (GEHAT) untuk diterapkan di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara.

Hal itu diutarakan Syah Afandin dan Ir. Antoni Ginting saat menerima Ketua GEHAT Dr Tengku Yohanita SpTHT beserta unsur Pengurus di kediaman Wakil Bupati di Stabat, Senin (6/1/2020).

Menurut Tengku Yohanita didampingi Sekretaris GEHAT Azharuddin, Koordinator Tim Peneliti Muhammad Sontang Sihotang PhD yang juga Dosen FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) dan Ahli Prototipe Pangan Berkalsium Organik Dara Aisyah PhD, Go Eco Health Tourism atau disingkat GEHAT adalah perkumpulan para penggiat Wisata Kesehatan Berwawasan Lingkungan.

Konsentrasi kegiatan programnya, kata Tengku Yohanita, memberdayakan masyarakat lokal dengan dukungan pemerintah setempat. Khusus di Kabupaten Langkat memberdayakan potensi sumber daya alam, budaya melayu dan sejarah teknologi pertambangan minyak pertama di Indonesia Pangkalan Berandan menjadi objek wisata dengan melatih masyarakat membuat produk inovativ berupa produk inovasi kesehatan dari sampah pesisir dan wisata edukasi pengolahan sampah menjadi produk inovasi kesehatan yaitu kalsium organik. Kemudian menata wisata sejarah perminyakan, wisata budaya Melayu, wisata bahari beserta wisata kulinernya.

Selain itu juga, kata Tengku Yohanita, GEHAT melalui jaringan perusahaan travel akan mempromosikan wisata Mangrove, wisata religi, wisata alam, wisata kebugaran mandi uap rempah Melayu, menata Homestay rumah panggung Melayu, menghidupkan Agrowisata, serta menata Kampung Wisata Bahari Budaya Melayu lengkap dengan wisata seni dan kuliner Melayu. "Semoga programGo Eco Health Tourism tersebut dapat diterima masyarakat dan pemerintah Kabupaten Langkat," harap Tengku Yohanita yang masih keturunan Sultan Langkat.

Mendengar paparan itu, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin sangat menyambut positif dan akan menyinergikanya dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Langkat beserta jajaran.

Secara terpisah Tim GEHAT juga diterima Sekdakab Langkat Dr. Indra di ruang kerjanya. Senada Wakil Bupati, Sekda mengapresiasi kedatangan penggiat Go Eco Health Tourism ke Kabupaten Langkat. "Semoga dengan sinergi GEHAT dengan Pemerintah Kabupaten Langkat dapat memajukan ekonomi masyarakat," harap Dr Indra yang saat itu didampingi Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat dan sejumlah Staf. Sebelumnya Tim GEHAT juga diterima Camat Berandan Barat Muhammad Harmain SSTP, Kepala Desa Perlis Junaidi Salim beserta perangkat desa di Kantor Camat Berandan Barat.***