MEDAN - Memiliki SDM yang mumpuni, RSU dr Pirngadi Medan diyakini dapat menjadi rumah sakit idaman bagi warga Kota Medan dan Sumatera Utara pada umumnya. Apalagi, rumah sakit milik Pemerintah Kota Medan ini telah banyak mendapatkan bantuan peralatan kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Keyakinan ini disampaikan Pelaksana tugas Walikota Medan, Akhyar Nasution usai memimpin apel awal tahun 2020 di RSUD dr Pirngadi Medan, Kamis (2/1/2020).

Akhyar menjelaskan, pihaknya telah meningkatkan fasilitas perlengkapan kesehatan dan banyak mendapat bantuan dari Kementerian Kesehatan.

"Dan tahun 2020 ini juga akan ditambah seluruh fasilitasnya, sehingga mendekati kelengkapan seluruh fasilitas kesehatan, sehingga daya layanan dan kemampuan layanan rumah sakit, saya yakin semakin meningkat. Karena kita memiliki SDM yang sangat mumpuni," ucapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr Pirngadi Medan, Suryadi Panjaitan turut mengamini harapan dan keyakinan dari pemimpin tertinggi di Kota Medan tersebut. Selain memiliki SDM yang terlatih, dirinya mengakui, banyak pula peralatan kesehatan yang akan mendukung peningkatan layanan terhadap masyarakat.

"Di tahun 2019, kita menambah peralatan kesehatan yang banyak mulai dari endoscopy, CT Scan, CSSD (Central Sterile Supply Departement) yang baru, alat USG 4 dimensi, termasuk juga radiology kita bertambah, alat-alat THT dan lainnya. Banyak lagi untuk tahun 2019," jelasnya.

Banyaknya peralatan kesehatan yang diterima, sambung Suryadi, dikarenakan besarnya anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenkes RI.

"Untuk tahun 2020, sesuai harapan Bapak Plt Walikota Medan dan harapan masyarakat Kota Medan, tahun ini juga kita akan dapat (bantuan lagi) dan itu akan menambah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Medan dan Sumatera Utara, karena rumah sakit kita ini adalah rumah sakit rujukan regional dan kita telah terakreditasi paripurna," terangnya.

Dirinya yakin, rumah sakit ini akan bisa memberikan pelayanan terbaik sebagaimana harapan semuanya.

"Sesuai harapan, dalam hal ini Bapak Plt Walikota Medan dan harapan warga Kota Medan," tuturnya.

Usai apel, Akhyar di dampingi Direktur RSUD dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan dan sejumlah pejabat rumah sakit, terlihat ngobrol santai bersama dengan salah seorang pasien atas kemajuan di rumah sakit plat merah itu.

Selain itu, Akhyar juga berkesempatan melihat keasrian lingkungan rumah sakit sembari menikmati suasana di taman selfie yang diciptakan jajaran manajemen RS Pirngadi Medan.*