Home >  Berita >  Peristiwa

Pasca Libur Tahun Baru ,Wabup Sidak Kesejumlah OPD

Pasca Libur Tahun Baru ,Wabup Sidak Kesejumlah OPD
Kamis, 02 Januari 2020 15:07 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution
PALAS-Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyelenggarakan acara jalan sehat yang start dan finishnya dari lapangan Merdeka Sibuhuan menuju Madrasah Aliyah Negeri 1 Palas , Kamis (2/1/2020).

Sidak ini dilakukan Wabup didampingi Sekda dalam rangka memeriksa tingkat kehadiran Aparatur Sipil negara (ASN) di hari pertama masuk kerja pasca libur Tahun Baru 2020 dilingkungan pemerintahan.

Mengawali sidak di hari pertama masuk kerja, Wabup menyambangi Dinas Pekerjaan Umum (PU), Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPPKAD) dilanjutkan ke Bappeda, Periznan, PMD , Sekretariat BKD,Pertanian,Peternakan dan Perikanan , Seterusnya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan, Dinas Kesehatan dan berakhir di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud ) Palas serta Dinkes.

Saat sidak,Wabup langsung menjumpai pejabat atau pimpinan OPD di masing-masing instansi untuk melakukan pengecekan langsung tingkat kehadiran ASN dari ruang ke ruang kerja dan melihat absensi kehadiran.
Ads

"Ini bertujuan untuk memeriksa langsung ASN yang tidak hadir dan yang hadir sehingga diketahui secara detail tingkat kedisplinan ASN dalam mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah sesuai dengan surat edaran Menpan - RB," jelas Wabup yang diamini Sekda.

Sebagai pejabat atau pimpinan, kata Wabup , harus menjadi contoh yang baik kepada bawahannya dan harus melaksanakan tugas dengan penuh tanggang jawab sesuai amanah yang diberikan pemerintah sebagai abdi negara.

"Jangan tidak melaksanakan tugas dengan alasan sedang tugas luar. Karena alasan ini sudah menjadi kelaziman bagi setiap pimpinan OPD. Sebagai ASN harus mengerti tanggungjawab tugas yang diemban sesuai dengan tupoksi serta untuk kepentingan pelayanan masyarakat," kata Wabup Zarnawi mengingatkan pimpinan OPD dan ASN yang ditemui di kegiatan sidak itu.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda ) Arpan Nasution.S.Sos didampingi Plt Asisten III, Panguhum Nasution mengatakan, hasil sidak dari sejumlah OPD , yang wajib hadir pada hari pertama kerja pasca libur tahun baru , termasuk struktural dan fungsional di lingkungan kerja Pemkab Palas, selain guru, terdapat sebanyak 1640 orang.

Kata Sekda, jumlah tingkat kehadir ASN yang melaksanakan tugas sesuai hasil sidak persentase kehadiran sebesar 95 persen "Maksud dari sidak ini, untuk mengevaluasi kinerja ASN dan juga melihat kondisi tingkat kehadiran ASN yang masuk bekerja dan kedisplinan melaksankan tugas," ungkap Arpan Nasution.*
www www