MEDAN - Partai Golkar di Sumatera Utara diprediksi menjadi salah satu partai paling siap dalam menyongsong Pilkada 2020. Internal partai yang relatif stabil dengan transisi kader muda yang berjalan mulus menjadi kekuatan besar partai berlogo beringin ini.

Hal ini dinyatakan oleh Fasial Riza pengamat Politik UIN Sumut sekaligus Direktur PollDesk (Political Literacy Desk). Menurutnya, Doli Kurnia Tanjung sebagai Plt Ketua Golkar Sumut mampu melaksankan transisi dengan sangat baik dan menciptakan fondasi kuat.

"Tak mudah melakukan transisi jelang momentum pileg dan pilpres lalu, tapi Doli piawai melaluinya. Kombinasi struktur partai dari kaum muda dan senior yang tepat membuat mesin partai berjalan dengan sangat baik," ujar Faisal Riza.

Bahkan menurut Faisal Riza, melenggangnya Doli ke Senayan sekaligus menjadi pembuktian keberhasilan Golkar Sumut melakukan transisi dengan mulus.

Terkait peluang Golkar di Pilkada 2020 kata Faisal Riza cukup besar mengingat tumbuhnya kader-kader muda yang juga piawai memainkan peran di masing-masing daerah.

"Golkar dan kaum muda saat ini dapat dikatakan bukan sebatas narasi saja, bisa dilihat Golkar menjadi partai paling besar menyumbang tokoh milenial di Senayan di Pileg 2019 lalu," ujar Faisal Riza.

Untuk Sumut sendiri juga sangat signifikan. Kader dan elite Partai Golkar saat ini banyak berasal dari mantan-mantan aktivis kampus dan organisasi besar mahasiswa di Indonesia.

"Ini challange berikutnya bagi ADK (red: Ahmad Doli Kurnia), setelah sukses hadapi Pilpres dan Pileg di Sumut. Internal yang stabil dengan kombinasi senior dan kaum muda yang baik sangat memungkinkan bagi Golkar mendudukkan kader-kadernya di Pemilukada 2020 secara maksimal," tutupnya.