Home >  Berita >  Peristiwa
Guna Meningkatkan Hasil Panen

Koptan Binaan PT TPL di Gunung Bosar Terapkan Pola Tanam Padi Sistem Jarwo

Koptan Binaan PT  TPL di Gunung Bosar Terapkan Pola Tanam Padi Sistem Jarwo
Minggu, 29 Desember 2019 22:52 WIB
Penulis: Firma Simbolon
SIMALUNGUN-Penerapan sistem tanam padi jajar legowo (Jarwo) di persawahan blok 3 Gunung Bosar dusun Bosar Nagori Bandar Manik Kecamatan Pamatang Sidamnik berhasil meningkatkan panen tanaman padi oleh Kelompok tani Semangat Tani binaan sektor Aek Nauli PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL).

Di lahan seluas 6 rante milik petani Apdon Sihaloho, panen padi varietas ciherang berhasil ditingkatkan dari yang biasanya 13 sampai 14 kaleng padi per rantenya menjadi 19 hingga 20 Kaleng per rantenya.

Pendamping Poktan Semangat Tani binaan Sektor Aek Nauli Tasya Sirait didampinggi staf humas PT TPL Juliandri Hutabarat menyampaikan padi varietas ciherang yang dipanen Poktan Semangat Tani di persawahan blok 3 Gunung Bosar adalah tanaman padi yang ditanam Agustus lalu.

Bahkan disampaikan selain memberikan penyuluhan cara bercocok tanam yang baik bagi Poktan, pihak PT TPL juga memberikan saprodi pupuk untuk tanaman padi seperti pupuk anorganik , organik merek mabàr serta pestisida untuk mengendalikan hama dan penyakit padi.
Ads

"Setelah 120 hari lamanya dan terus kita pantau perkembangannya, hari ini tanaman padi yang kita tanam bulan Agustus lalu sudah siap dipanen. Kalau dilihat dari pertumbuhan serta bulir padinya kita yakini produksi gabah akan jauh lebih meningkat dari cocok tanam biasa. Lagi pula produksi gabah yang dihasilkan tanam jarwo ini lebih bagus dari tanaman padi disekitarnya" kata Tasya ketika ikut panen padi bersama anggota Poktan, Sabtu (28/12/2019).

Salah seorang anggota Poktan Semangat Tani Apdon Sihaloho mengaku merasa senang terhadap sistem pola tanam padi ala jarwo yang diterapkan pada lahan sawah yang dimilikinya. Bahkan Ia juga sangat mengapresiasi kerjasama antara Poktan bersama pihak TPL.

"Bertani dengan menggunakan teknik Jarwo lebih menguntungkan. “Hasil sawah saya lebih banyak dari sebelumnya, saya bernafas lega karena penghasilan saya meningkat dengan sistem pertanian jarwo ini dan tanaman padi saya bisa terhindar dari serangan tikus pengerat,” tutur Apdon diaminin Sumiati dan pak Kembar Situmorang.

Ketua Gapoktan Bandar Manik Syaipul Silalahi yang ikut dalam acara panen padi Jarwo mengakui bahwa hasil panen yang bertambah seperti yang diperoleh anggota Poktan Semangat Tani dapat menjadi contoh bagi petani lain di sekitarnya.

“Lahan Bapak Apdon ini menjadi contoh bagi semua petani agar bisa mendapatkan hasil yang lebih dari lahan pertaniannya. Ini sangat bagus,“ ujar Syaipul seraya berharap sistim tanam jarwo bisa semakin ditingkatkan bersama TPL ke depanya.

Sementara staf Humas TPL Juliandri Hutabarat yang juga ikut menyaksikan panen padi sistem tanam jarwo menjelaskan bahwa penerapan sistem tanam jarwo bagi tanaman padi adalah hasil dari program yang diterapkan TPL untuk masyarakat.

“Kita harapkan dengan program ini petani di Gunung Bosar dan sekitarnya mampu menciptakan swasembada padi, "pungkas Juliandri.*
www www