MEDAN - Dirut Bank Sumut Muchammad Budi Utomo PWI akan membuka penerimaan calon anggota muda dan kenaikan tingkat dari anggota muda menjadi anggota biasa, Sabtu (28/12/2019) di Aula Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan. "Humasy Bank Sumut Datok Sulaiman menyatakan Dirut Muchammad Budi Utomo akan hadir serta membuka ujian tersebut," ujar Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE didampingi Sekretaris Edward Thaher, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal R Surya Wakil Sekretaris Rifki Warisan, Seksi Pendidikan Evaluasi Siregar dan lainnya, Jumat (27/12/2019).

Dijelaskan, konfirmasi kehadiran Muchammad Budi Utomo disampaikan Humasy Bank Sumut Datok Sulaiman. Katanya Dirut Bank Sumut akan memaparkan rencana kerja bank yang dipimpinnya pada 2020 di antaranya IPO. Pemaparan ini akan menjadi bahan membuat berita.

Dikatakan, acara akan dimulai pukul 08.00 WIB (registrasi) dan pembukaan pukul 09.30 WIB.

“Usai pembukaan akan dilakukan pembekalan mengenai PD/PRT PWI, UU No 40 Tahun 1999 tentang pers, Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Setelah itu ujian,” ungkap Herman.

Pembekalan

Selain ketiga materi itu, Ketua PWI Sumut dalam pembekalan kepada peserta ujian akan mengupas perubahan liputan khususnya terhadap wartawan media cetak dalam masa Revolusi Industri 4.0 sejalan dengan makin berkurangnya pembaca koran yang diperkirakan menyusut cuma tinggal 30 persen lagi. “Kondisi senja kala media cetak itu bukan saja terjadi di Sumatera Utara, tapi juga merata di semua daerah di tanah air, termasuk juga terhadap media ibukota karenanya konsekuensi dari hal itu wartawan juga harus mengubah pola liputannya dari cuma straight News menjadi liputan berkedalaman (Indepth News) dan reportase investigasi (investigative reporting),” ujar Hermansjah.

Kalau wartawan tidak juga mau berubah dalam liputan, tambahnya lagi, jangan salahkan siapa-siapa jika media tempat kita bekerja cepat atau lambat akan menggusur wartawan tersebut dari tempatnya bekerja karena liputannya masih belum berubah juga, padahal zaman sudah jauh berubah.

Selain itu Wakabid Organisasi Khairul Muslim akan mengupas Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) PWI. Hal itu penting sebagai calon anggota wajib tahu mengapa harus masuk organisasi, termasuk juga soal Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Sedangkan Wakabid Pendidikan Rizal Rudi Surya akan mengupas soal Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) sejalan dengan ketentuan yang digariskan Dewan Pers agar wartawan melindungi anak saat yang berangkutan terlibat atau jadi korban tindakan kriminal. Dimana anak dalam ketentuan UU RI NOMOR 35 TAHUN 2014 Tentang Perubahan Atas Nomor 23 TAHUN 2002 tentang Perlindungan Anak Harus mendapat perlindungan masa depannya, sehingga pers berkewajiban memberikan perlindungan antara lain, menutup informasi terkait anak berusia maksimal 18 tahun dalam tiap pemberitaan di media massa.

Ancaman terhadap pelanggaran UU ini sangat berat karena pers diancam hukuman 6 bulan penjara dan denda Rp500 juta.***