BINJAI - Partai Golkar berkomitmen kuat melakukan bentuk dukungan ke kader murni dalam setiap even politik. Termasuk di antaranya mengusung kader murni dalam Pilkada Serentak 2020.

Demikian disampaikan Plt Ketua Golkar Sumut Dr H Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Jumat (20/12/2019) dalam Rapat Pleno Diperluas Partai Golkar Binjai.

Dikatakan Doli, Plt Ketua Partai Golkar Sumut mendapat kepercayaan pada Munas Golkar lalu sebagai Stering Comite.

Sehingga kader murni Golkar di Sumut dapat memasukkan konsep perubahan dalam AD/ART yang selama ini telah dijanjikan tentang calon kepala/wakil kepala daerah diutamakan kepada kader murni aktif dan tanpa mahar.

"Kini janji tersebut telah memiliki payung hukum sehingga para kader yang telah mempersiapkan diri tidak perlu khawatir," ucapnya.

Ketua Komisi II DPR RI itu menegaskan, pihaknya akan mendukung terhadap yang sudah diniatkan (endorse) kader murni Partai Golkar di Pilkada Serentak.

"Kita akan mengendorse kader murni di setiap even-even politik, mereka yang memenuhi kriteria tentu diprioritaskan untuk mendapat dukungan oleh partai," tegas Doli.

Doli juga mengingatkan kepada jajaran pengurus partai baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar sejalan dengan DPP Partai Golkar yang telah memutuskan bahwa setiap pencalonan kepala daerah diprioritaskan para kader murni dan tanpa mahar.

"Jangan ada terdengar provinsi maupun kabupaten/kota meminta mahar kepada kandidat, jika di daerah terjadi maka oknum tersebut tentu akan diberikan tindakan sanksi tegas," tegas Doli.

Diketahui, di Sumatera Utara ada 23 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada Serentak. Banyak kader murni Partai Golkar didorong untuk maju dalam even politik tersebut. Dorongan itu sesuai Rapat Pleno Golkar Sumut yang mendukung kader murni di Pilkada.

Di antara kabupaten/kota di Sumut yang menggelar Pilkada itu yakni Kota Medan. Nama Rolel Harahap yang merupakan kader murni Partai Golkar mendaftar sebagai Bakal Calon Wakil Walikota dari Partai Golkar.

Kemudian Kota Binjai juga akan menghelat Pilkada 2020. Nama Zainuddin Purba yang mendaftar sebagai Balon Walikota diprediksi akan mendapat restu dari Partai Golkar.

Di Tapanuli Selatan yang juga akan menggelar Pilkada 2020, kader murni Partai Golkar yang maju di antaranya Doli Sinomba Siregar, Rasyid Assaf Dongoran dan Rahmat Nasution.