SOLO - Ratusan simpatisan PDIP yang menamakan dirinya Banteng Solo Tengah Bersatu menggelar aksi damai di depan Kantor DPC PDIP Kota Solo, Kamis (19/12) sore. Mereka menyatakan dukungannya untuk pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa dalam Pilkada Solo 2020. Massa yang mengenakan atribut warna merah tersebut datang dengan menggunakan sepeda motor. Setibanya di markas DPC PDIP, mereka membacakan deklarasi dukungan kepada pasangan yang menjadi rival Gibran Rakabuming Raka dalam mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP itu.

"Ini bentuk aspirasi kami. Kami memilih Pak Purnomo karena sudah berpengalaman sebagai incumbant," ujar koordinator Banteng Solo Tengah Bersatu, Bambang Kede.

Bambang mengatakan, mendukung Purnomo-Teguh, namun mereka tetap menunggu hasil rekomendasi DPP PDIP. Bambang akan bersikap tetap tegak lurus partai.

1 dari 1 halaman
Bakal calon Wakil Wali Kota Solo dari PDIP, Teguh Prakosa mengapresiasi aksi para pendukungnya tersebut. Ia bersyukur ada kelompok masyarakat yang menyampaikan dukungan kepada Purnomo-Teguh.

"Kami bersyukur, dukungan ini bagian dari demokrasi. Sebelum ada rekomendasi dari DPP PDIP, wacana akan bergerak dan berkembang terus," katanya.

Ia menolak jika aksi tersebut merupakan rekayasa.

"Ya mongoose saja. Saya kira semua settingan, dia (Gibran) mau berangkat saja kan juga disetting," tandasnya.

Saat ini ada dua bakal calon Wali Kota Solo dari PDIP yang menunggu rekomendasi dari DPP. Selain Achmad Purnomo yang saat ini masih menjabat sebagai wakil wali kota juga ada Gibran Rakabuming Raka yang mendaftar melalui DPD PDIP Jawa Tengah.***