LABUHANBATU - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Labuhanbatu melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 berkoordinasi dengan Camat Bilah Hulu Hamdy Erazona dan Komando Rayon Meliter-13 Kapten Inf. Hotman Sipahutar untuk mengatasi tumpukan sampah di jalan Perhubungan Areal Afdeling 5 Kebun PTPN III Kebun Aek Nabara Utara (KANAU) yang tidak jauh dari Kantor Korami 13 Aek Nabara, Kamis (19/12/2019). Timbunan sampah itu sudah menjadi pemandangan biasa bagi masyarakat karena sudah terjadi bertahun-tahun lamanya dan semakin menimbun seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kepadatan rumah tangga.

Menurut Camat Bilah Hulu Hamdy Erazona, selama ini telah disampaikan imbauan baik melalui Kecamatan maupun Kepala Desa agar masyarakat jangan membuang sampah sembarangan ke areal perkebunan.

"Pemerintahan Kecamatan Bilah Hulu selalu berkoordinasi dengan DLH untuk mengakut timbunan sampah di jalan Perhubungan Aek Nabara dan bawa ke pembuangan akhir di TPA Perlayuan Aek Paing Kecamatan Rantau Utara," jelas Camat Bilah Hulu.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu melalui Kabid Pengelolaan Samalah dan Limbah B3 Supardi Sitohang menyampaikan, ke depan perencanaan dan komitmen pengelolaan sampah di Labuhanbatu wajib menjadi skala prioritas dan ditangani dengan manajemen yang tepat serta kemitraan dengan pihak ketiga secara terpadu.

Terkait peraturan dan ketentuan mengenai pengelolaan sampah yang meliputi penanganan sampah dan pengurangan sampah di Pemkab Labuhanbatu sudah cukup, tinggal perencanaan operasional dan gerakan nyata di lapangan yang sangat perlu digalakkan secara perlahan-lahan dan berkesinambungan.

"Penanganan sampah di Labuhanbatu harus dikerjakan dengan serius karena estimasi volume sampah berdasarkan jumlah penduduk di Kabupaten Labuhanbatu dihitung berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) di tetapkan produksi sampah setiap jiwa/hari adalah 0,7 kg," terangnya.

Berdasarkan patokan 0,7 kg per jiwa/hari produksi sampah yang dihasilkan setiap orang per-hari, maka dapat diperkirakan jumlah timbunan sampah di Kabupaten Labuhanbatu Jumlah Penduduk : 478.538 Jiwa x 0,7 kg= 335.015,1 kg/hari atau 335,01 ton/hari.

"Jumlah perkiraan timbunan sampah per bulan = 335,01 ton/hari x 30 hari = 10.050,45 ton/bulan sedangkan Jumlah perkiraan timbulan sampah per tahun: = 10.050,45 ton/bulan x 12 bulan = 120.605,43 ton/tahun," jelas Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3.