LABUHANBATU - Kepolisian Polres Labuhanbatu, menggelar apel pasukan Operasi Lilin 2019 dalam persiapan menjelang perayaan natal dan tahun baru 2020, Kamis (19/12/2019) di Mako Polres Labuhanbatu. Apel ini dihadiri seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Labura, dan Labusel, CPM Sub Denpom Rantauprapat, personel TNI AD Kesatuan Kompi, Kodim 0209, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Satpol PP dan Senkom.

Dalam amanatnya, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat menjelaskan, apel gelar pasukan Operasi Lilin ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Operasi Lilin ini merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai Senin (23/12/2019) sampai dengan Rabu (1/1/2020). Begitupun, hal ini bisa berlanjut tergantung situasi yang berkembang.

"Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional," ujar Kapolres.

Berdasarkan prediksi intelijen, lanjut Agus, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus diantisipasi, yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako,
konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba ataupun minuman keras.
Untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, dirinya menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, yaitu menjaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

"Pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga meminta untuk melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system.

"Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2019, teriring doa semoga pengabdian tugas yang Saudara tunjukan dalam pelaksanaan operasi ini, menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa," harapnya.

Untuk di wilayah hukum Polres Labuhanbatu, pihaknya memprioritaskan pengamana natal dan tahun baru dengan sasaran tempat ibadah, wisata, terminal dan sebagainya.

"Termasuk saudara kita yang merayakan natal. Kita ada 11 pospam dan 1 posyan untuk mudik dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat," terangnya.