TOBASA-Maskot Pemilukada Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 berupa "Boraspati" yakni gambar Cicak dalam Budaya Batak Toba yang dilounching oleh Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Toba Samosir Rabu,18/12/2019 di Convantion Hall Restoran Sinar Minang Balige.

Hadir dalam peluncuran/Lounching maskot Pemilukada Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 mewakili Komisioner KPU RI oleh Komisioner KPUD Prov.Sumut Hj.Ira Witati,S.Ag, M.Pd.hadir mewakili Kapolres Tobasa Kabag Ops Kompol Drs.Efendi Sinaga, Mewakili Kejari Tobasa Kasi Intel Gilbwt Matondang,SH, Assiten 1 Pemkab Tobasa Harapan Napitupulu,SH, Kabag Tapem Lahsa Manullqng,SSTP, Camat Balige Pantun Pardede, Camat Laguboti Nelly Tobing, Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH,Camat Nassau, Camat Silaen Sedi Lumbanraja, Camat Ajibata diwakili Sekcam, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, Camat Porsea Robert Manurung dan Camat Uluan.

Ditetapkannya "Boraspati" sebagai maskot Pemilhan Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir karena Boraspati memiliki Nilai, Arti dan Makna mendalam serta memiliki nilai kesakralan tersendiri bagi budaya suku (orang) Batak.

"Boraspati" merupakan se ekor Cicak (Tokek) yang dalam mitologi suku Batak dipercayai sebagai simbol yang melambangkan "Kesuburan dan Kemakmuran serta Kemampuan Adaptif dari Suku (orang) Batak".sebagaimana Cicak mampu menempel dimana saja maupun di lingkungan mana saja serta dalam kondisi apapun yang mampu bergerak dengan lihai/lincah.

Ukiran "Boraspati" gambar bentuk dan rupa Cicak dalam suku dan adat Budaya Batak sering ditemui pada dinding rumah Adat Batak (Ruma Batak) yang namanya disebut di suku Batak "Boraspati ni Ruma".

Dalam Systim Hatiha (peninggalan zaman dulu) suku Batak, "Boraspati" adalah nama salah satu hari (hari ke Lima) dalam Penanggalan Kalender hari suku Batak Toba yang diyakini oleh orang Batak sebagai hari Baik untuk menyelenggarakan berbagai acara, baik itu acara Adat Pesta, membangun rumah baru, memulai jalannya usaha maupun mencari pekerjaan.

Beberapa pengertian "Boraspati" yang ditetapkan oleh KPUD Toba Samosir sebagai maskot Pemilukada Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 yakni : Boraspati memakai Ulos Batak dan Sortali yang melambangkan masyarakat Toba Samosir siap untuk menyelenggarakan pesta Demokrasi.

Jari kelingking "Boraspati" bertanda Tinta Ungu melambangkan masyarakat Toba Samosir siap meningkatkan partisipasi dalam penggunaan Hak Pilih dan mengawal setiap tahapan pesta Demokrasi Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Toba Samosir tahun 2020.

Untuk Kertas yang di pegang "Boraspati" melambangkan surat suara Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Toba Samosir tahun 2020. Kaos yang dipakai "Boraspati" bertuliskan "Beta Mamillit" adalah ajakan untuk menggunakan hak pilih bagi seluruh masyarakat Kabupaten Toba Samosir yang berhak untuk memilih.

Jadi maskot "Boraspati" mempunyai arti "Boraspati untuk Bupati dan Wakil Bupati" yang akan terpilih untuk membawa kemakmuran bagi masyarakat Toba Samosir.*