DELISERDANG-Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) Selasa (17/12/2019) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang diwarnai penyerahan dana sosial Korpri bagi 52 ASN yang pensiun TMT Desember 2019 yang terdiri dari guru-guru dan pegawai-pegawai kantor kecamatan dan Dinas.

Bertindak sebagai Irup Sekdakab Deliserdang (DS), Darwin Zein, S.Sos dengan Danup Kaban Kesbangpol Togar Panjaitan, di halaman Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (17/12/2019).

Sekdakab Darwin Zein S.Sos dihadapan ASN mengatakan, kesadaran merupakan sesuatu yang teramat penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Begitu pulalah halnya didalam membangun masyarakat dan daerah ini.

“Kesadaran yang saya maksudkan, tentu tidaklah terbatas pada apa yang dimiliki oleh aparatur sipil negara saja, akan tetapi menjadi tugas dan kewajiban kita bersama, bagaimana api kesadaran tersebut juga tertanam dan dimiliki oleh seluruh komponen masyarakat, tanpa terkecuali. Sebab, sesungguhnya, esensi pembangunan adalah dari, oleh dan untuk kita semua,” ungkapnya.

Artinya, sebut Darwin, kita harus memiliki kualitas kesadaran yang sama, sehingga apa yang menjadi tujuan bersama, dapat kita wujudkan dengan bersama - sama pula.

Oleh karena itu, himbau Darwin, apel kesadaran nasional yang kita laksanakan pada hari ini, apabila kita renungkan, sesungguhnya memiliki makna yang sangat dalam, untuk mengingatkan kita semua, bahwa kita adalah pelayan masyarakat yang memiliki kewajiban dan tanggung jawab. Ingat, bahwa aparatur sipil negara sebagai penggerak mesin birokrasi, adalah unsur penting dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, yang harus tanggap didalam menyahuti setiap situasi dan perkembangan yang terjadi di tengah – tengah masyarakat.

“Karena itu,bekerjalah sesuai dengan aturan, pahami tugas pokok dan fungsi masing masing, jadilah pamong yang mengayomi dan senantiasa memberikan keteduhan, rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Teruslah berkarier dan berprestasi, untuk senantiasa menghasilkan yang terbaik bagi masyarakat. Bangun dan ciptakanlah suasana kerja yang harmonis, lakukan koordinasi yang baik terhadap semua pihak. Apabila kesemuanya ini kita lakukan, Insya Allah, akan menjadi kekuatan pendorong yang sangat dahsyat didalam mempercepat keberhasilan pembangunan yang sedang dan akan kita laksanakan kedepan,” paparnya.

Pada kesempatan itu Sekdakab juga menyerahkan dana sosial Korpri kepada 52 orang ASN yang memasuki purna bhakti secara simbolis kepada 18 orang ASN diantaranya hadir perwakilan ahli waris ASN yang meninggal dunia, seraya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian yang diberikan selama ini.*