PALUTA-Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) gelar peringatan Hari Bela Negara Ke-71 dengan thema " Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat " Kamis (19/12/2019) sekira pukul 08.30 Wib dihalaman Kantor Bupati Paluta Jalan Lintas Gunung Tua-Pasid Kecamatan Padang Bolak.

Dalam kegiatan Peringatan Hari Bela Negara Ke-71 itu Bupati Paluta Andar Amin Harahap bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) yang sekaligus membacakan Pidato Presiden RI Ir Joko Widodo.

Selain Bupati, kegiatan itu juga tampak dihadiri tampak dihadiri Wakil Bupati Paluta H. Hariro Harahap,Sekdakab Paluta Burhan Harahap,Asisten I Syarifuddin Harahap dan Kasat Pol PP Paluta.

Turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Paluta Basri Harahap,Danramil 05/PB Kapten Inf. Misran Dalimunthe,Kapolsek Padang Bolak AKP Zulpikar,Camat Se- Kabupaten Paluta,Persit Kartika Chandra Kirana,Ibu-ibu Bayangkari,dan seluruh SKPD Se-Kabupaten Padang Lawas Utara serta Ormas dan OKP Se-Kabupaten Padang Lawas Utara.

Presiden RI Ir.Joko Widodo dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Paluta Menyampaikan bahwa Hari Bela Negara dicanangkan guna menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Ia mengatakan Bela Negara tidak hanya dilakukan oleh aparatur negara saja,namun tetapi juga harus dilakukan secara bersama-sama oleh segenap elemen bangsa dan negara.

Menurut Presiden,Bela Negara merupakan wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat,termasuk dunia usaha, dunia pendidikan, media,hingga tokoh pemuda dan tokoh agama, untuk memberikan sumbangsihnya kepada negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Untuk itu Setiap warga negara bisa memberikan kontribusinya dengan kemampuan yang dimilikinya.

Dalam Momentum Hari Bela Negara,Presiden mengajak semua elemen bangsa untuk mewujudkan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan persatuan serta kesatuan dengan Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang.

Karena menurut Presiden Tugas Bela Negara bukanlah tugas yang ringan seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi. " Namun saya yakin, melalui sinergi antar segenap elemen Bangsa Indonesia, kita semua mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, adil, dan makmur, serta berkepribadian dalam kebudayaan," ucap Bupati Paluta menirukan amanat Presiden RI yang dibacakannya.

Upacara peringatan Hari Bela Negara Ke-71 Kabupaten Padang Lawas Utara itu tampak terlaksana dalam keadaan aman dan kondusif.*