TOBASA-Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan /atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020 KPUD Kab.Tobasa melaksanakan Peluncuran Jingle dan Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir.

Bertempat di Convantion Hall Restoran Sinar Minang Balige, KPUD Kabupaten Toba Samosir menggelar pelaksanaan Lounching/Peluncuran Jingle dan Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab.Toba Samosir tahun 2020 dengan mengundang Uspida Kab.Toba Samosir Tokoh Masyarakat Partai Politik, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan para Insan Pers dari berbagai Media Cetak dan On Line serta media Elektronik untuk peluncura Jingle dan Maskot Pemilihan Bupati Kabupaten Toba Samosir.

Ketua KPUD Toba Samosir Hendri M.Parĸosi mengatakan tujuan Lounching untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat Toba Samosir bahwa agenda Pemilihan Bupati/Wakil Bupati sudah dimulai dengan sosialisasi, persiapan, pelaksanaan serta pemilihan suara akan diadakan pada 23 September 2020.

Ketua Bawaslu Kab.Tobasa diwakili oleh Komisioner Nawaslu Tobasa Thomson Manurung menyampaikan, Bawaslu Kab.Tobasa berharap tetap saling bekerja sama anatar Bawaslu dan KPUD Kabuoaten Toba Samosir untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilukada 2020 mulai dari tahapan pelaksanaan hingga akhir pelaksanaan Pemilukada demi suksesnya Pemilukada Kab.Tobasa di tahun 2020.

Lanjutnya, dengan peluncuran Pelaksanaan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir oleh KPUD Tobasa kiranya akan membawa nuansa kesejukan dan kedamaian bagi warga Tobasa dalam pelaksanaan Pemilukada tahun 2020 dengan tujuan untuk peningkatan pembangunan yang adil dan merata serta peningkatan kesejahteraan masyarakat luas.

Pimpinan sementara DPRD Tobasa Efendi Napitupulu,SE menyampaikan, dengan louncing ini, kita berharap kedepan akan terlaksana pemilihan Bupati/Wakil Bupati di Tobasa yang Aman, Damai dan Kondusif sesuai dengan tatanan Peraturan dan Perundang undangan yang berazaskan Demokrasi sesuai dengan dasar negara kita Pancasila.

Sambutan Bupati Toba Samosir oleh Sekda Drs.Audi Murphy,SH,M.Si, Pemilukada adalah agenda Nasional.untuk mensukseskan Pemilukada di Kabupaten Toba Samosir, Pemkab Tobasa telah membantu KPUD Toba Samosir dengan pemberian bantuan Dana Hibah yang bersumber dari APBD untuk digunakan dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilukada Toba Samosir tahun 2020.

"Laksanakanlah Pemilukada dengan Aman dan Damai di Kabupaten Toba Samosir dengan azas LUBER (Langsung Umum,Bebas dan Rahasia) demi peningkatan kemajuan pembangunan di Kab.Tobasa," ungkap Sekda menyampaikan sambutan Bupati.

Ketua KPUDA Prov.Sumut diwakili oleh Komisioner KPUD Prov.Sumut Hj.Ira Witati,S.Ag, M.Pd.dari 23 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilukada di Prov.Sumut salah satunya Kab.Tobasa.

Dengan lounching ini sudah memulai pelakasanaan tahapan Pemilukada tahun 2020.dengan sudah ditanda tanganinya MPHD dan KPUD sudah bisa melaksanakan tahapan pelaksanaan Pemilukada.

Lanjut Ira, untuk pendaftaran pasangan calon Bupati/Wakil Bupati dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli 2020 yang diawali dengan pelaksanaan penerimaan pendaftaran Calon Bupati/Wakil Bupati perseorangan.

Hadir mewakili Komisioner KPU RI oleh Komisioner KPUD Prov.Sumut Hj.Ira Witati,S.Ag, M.Pd.hadir mewakili Kapolres Tobasa Kabag Ops Kompol Drs.Efendi Sinaga, Mewakili Kejari Tobasa Kasi Intel Gilbwt Matondang,SH, Assiten 1 Pemkab Tobasa Harapan Napitupulu,SH, Kabag Tapem Lahsa Manullqng,SSTP, Camat Balige Pantun Pardede, Camat Laguboti Nelly Tobing, Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH,Camat Nassau, Camat Silaen Sedi Lumbanraja, Camat Ajibata diwakili Sekcam, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, Camat Porsea Robert Manurung dan Camat Uluan.*