MEDAN-Dalam mengurangi penggunaan sampah plastik, Pemerintah Kota (Pemko) Medan terus gencar melakukan kampanye kepada masyarakat untuk menggunakan tumbler atau botol minuman sehari-hari.

Bahkan kampanye ini juga dilangsungkan pada kegiatan silaturahmi dan ramah tamah dengan media Se-Kota Medan di Taman Cadika pada Rabu (18/12/2019). Dalam kesempatan itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan pembagian tumbler ke awak media ini sebagai simbol pengurangan pemakaian plastik.

"Karena sepanjang kita melakukan pembersihan parit, paling banyak itu adalah itu adalah sampah plastik," ungkapnya.

Jelasnya juga bahwa selama kampanye ini dilakukan sudah ribuan Tumbler yang dibagikan kepada masyarakat dan ditegaskan sampah di kota Medan sudah jauh berkurang.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M Husni, mengakui meski belum maksimal namun gerakan pengurangan penggunaan sampah tetap akan gencar dilakukan.

Dikatakannya, menggunakan tumbler memiliki dampak bagi kepada pribadi masing-masing orang.

"Paling tidak kita semua jadi ingat minum, minum secara teratur karena menggunakan tumbler. Bahkan saat ini total sampah di Kota Medan mencapai 2 ribu ton /hari. Di mana, 30 % diantaranya adalah sampah plastik.

"Maka kampanye ini terus dilakukan sampai tingkat bawah, bahkan sosialisasi ini sampai ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Medan," pungkasnya.*