TOBASA-DPRD Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada Rapat Paripurna Pelantikan dan Pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD terpilih pada Pemilu Legislatif 2019 untuk periode jabatan tahun 2019-2024 digelar di ruang rapat paripurna DPRD.

Senin, (16/12/2019) sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Tobasa yang baru diambil sumpah dan janjinya yang dipimpin langsung Ketua PN Balige, Paul Marpaung, SH.,MH dan dengan didampingi oleh rohaniawan.

Usai pengambilan sumpah/Janji, rohaniawan dan Ketua PN Balige menanda tangani berita acara pengambilan sumpah dan janji yang dilanjutkan dengan menyematkan Pin DPRD secara simbolis kepada perwakilan DPRD oleh Ketua PN Balige.

Rapat Paripurna di buka secara resmi oleh Wakil Ketua DPRD periode 2014 -2019 Winner Sinambela SH. Ia menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas kepada anggota DPRD Kabupaten Tobasa yang baru untuk masa bakti 2019-2024.

Sebelum pelantikan dan Pengucapan Sumpah/Janji Sekretaris DPRD Kabupaten Tobasa Drs.Resman Sirait, membacakan SK Gubsu No.188.44/685/KPTS/2019 tentang peresmian pemberhentian Anggota DPRD Kab.Tobasa masa jabatan 2014-2019 dan peresmian pengangkatan Anggota DPRD Kab.Tobasa masa Bhakti 2019-2024.

Juga sekaligus penetapan pimpinan DPRD Kabupaten Tobasa sementara, Efendi S. Panangian Napitupulu,SE untuk memduduki jabatan sebagai Ketua sementara dengan Robinson Sibarani sebagai Wakil ketua DPRD Sementara yang dilanjutkan dengan penyerahan pimpinan DPRD dari periode 2014-2019 kepada ketua sementara periode 2019-2024 dengan penyerahan Palu Pimpinan dan Buku Memori Jabatan.

Dalam sambutannya Ketua sementara DPRD Tobasa Effendi S. Panangian Napitupulu, SE mengatakan, menerima kepemimpinan DPRD Kabupaten Tobasa dan siap menjalankan tugas sesuai dengan kewenangan yang ada dan mengucapkan penghargaan yang setingginya kepada anggota DPRD masa bakti 2014-2019.

Ditegaskan Efendi, dengan terlaksananya pengambilan sumpah janji Anggota DPRD Tobasa yang baru itu menegaskan bahwa saat itu juga sudah memulai masa tugas sebagai anggota DPRD. "Semoga di masa bakti kami 2019-2024 bisa melanjutkan tugas-tugas DPRD sebelumnya.

"Untuk mengawali tugas ini, pimpinan DPRD sementara bertugas memimpin rapat DPRD untuk memfasilitasi pembentukan fraksi di DPRD dan pimpinan DPRD masa tugas 2019-2024," sebut Effendi mengakhiri.

Dalam sambutannya Bupati Tobasa Ir.Darwin Siagian mengucapkan selamat atas telah dilantiknya anggota DPRD Kabupaten Tobasa yang baru. "Kedepan Pemkab Toba Samosir dengan Anggota DPRD Kabupaten Tobasa yang baru semakin bersinergi untuk membangun Tobasa demi kemakmuran Masyarakat Kab.Tobasa kedepannya," harap Bupati.

Lanjut Darwin Siagian, DPRD dan Eksekutif memiliki tugas yang sama tetapi dengan fungsi yang berbeda untuk satu tujuan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Toba Samosir. "Karena DPRD Kabupaten juga mengabdi untuk kepentingan masyarakat, karena saudara Anggota DPRD Toba Samosir adalah representasi rakyat Tobasa," ungkapnya.

Untuk Anggota DPRD masa bakti 2014-2019 Bupati Darwin Siagian mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Anggota DPRD yang lama dimana selama menjalankan tugas dimasa periodisasinya telah bekerja sama dalam berbagai hal bidang untuk peningjatan kesejahteraan masyarakat. "Kedepan Pemkab Tobasa tetap berharap akan kontribusinya untuk memajukan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat Tobasa," ujarnya.

Secara khusus , pada bagian akhir sambutannya Bupati Darwin berpesan kepada DPRD masa bakti 2019-2024 untuk memikirkan pembangunan ruangan yang reprensentatif, untuk pelaksanaan rapat paripurna DPRD, supaya para tamu dapat masuk dan acara bisa berjalan lebih tertib.

Turut hadir Bupati Tobasa Darwin Siagian, Sekda Kab.Toba Samosir Drs, Audi Murphy Sitorus, SH, M.Si, Kapolres Tobasa AKBP. Agus Waluyo, S.I.K, Kajari Tobasa Dr. Robinson Sitorus, SH,MM.MH, Dandim 0201/TU Letkol CZI Roni Agus Widodo S.Sos yang diwakili Danramil 17 Balige Kapten Poltak Pardede.

Hadir juga pada saat pelantikan Kas Kogabwilhan I (Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah I) Mayjend TNI AD Richard T.H.Tampubolon dan Kolonel Benny Tampubolon Kepala Pembekalan dan Angkutan Kodam II Sriwijaya abang dan adik kandung anggota DPRD Tobasa terlantik Robinson Tampubolon.

Dalam pelantikan Anggota DPRD Tobasa yang baru dihadiri para Anggota DPRD masa bakti 2014-2019, para Staf Ahli, para Asisten Setdakab, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat, para Kabag Setdakab dijajaran Pemerintah Kabupaten Tobasa, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh adat, wartawan dan LSM serta sejumlah keluarga dan kerabat DPRD yang dilantik untuk periode jabatan 2014 -2019.*