TOBASA-16 orang Pejabat Tinggi Pratama dilantik dan diangkat Sumpah/Janjinya serta di kukuhkan kembali pada posisi jabatannya di tingkat jabatan Esolon II,b, Senin, (16/12/2019).

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Toba Samosir melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Toba Samosir No. 781 Tahun 2019 tanggal 16 Desember 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintahan Toba Samosir.

Surat Keputusan (SK) Bupati Toba Samosir yang ditanda tangani oleh Kepala Bagian Hukum Lukman Janti Siagian, SH sebanyak 16 orang pejabat Tinggi Pratama ditetapkan menduduki jabatan Eslon II,b sebanyak 9 orang Pejabat tinggi Pratama mene,pati posisi baru dan Pengukuhan kembali pejabatTinggi Pratama Eselon II,b sebanyak 7 orang tetap di posisi jabatanya semula.

Pejabat yang dilantik Drs. Sakkap Pasaribu sebelumnya menjabat Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan, Ekonomi, Keuangan SDA dan Aset serta Plt, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu satu Pintu dilantik serta diangkat Sumpah/Janji menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu satu Pintu.

Ir. John Piter Silalahi, MT dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab.Tobasa menjadi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Resman Sirait,SE sebelumnya Sekretaris Dewan DPRD Kab,Toba Samosir menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Darwin Parhimpunan, S.Pt. M.Si Kepala Dinas Ketahanan Pangan menjadi Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan, Ekonomi, Keuangan SDA dan Aset, Ir. Pargaulan Sianipar Kepala Dinas Perhubungan menjadi Staf Ahli Bupati bidang Pendidikan, Kesehatan, Ifrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat.Marsarasi Simanjuntak,SP Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan KUKM menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tito Siahaan,SH Kepala Polisi Satuan Pamong Praja menjadi Kepala Dinas Perhubungan, Herbert Sahat Parasian Pasaribu, SS,Apt,M.Si dari Kepala Pelaksana BPBD menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dan dr.Pontas H Batubara dari Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB menjadi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Toba Samosir.

7 orang PejabatTinggi Pratama Eselon II,b yang di kukuhkan tetap di posisi jabatanya semula Harapan Napitupulu, SH tetap pada jabatan lama Asisten Tata Pemerintahan Setkab Tobasa, Drs. Wallen Hutahaean tetap menjabat Inspektur Kabupaten, Drs. Bonar M.T Butarbutar tetap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ir. Mintar Manurung Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dr.Rajaipan O.T Sinurat M.Kes Kepala Dinas Sosial Sosial,Drs.Kasten Panjaitan,M.Si Kepala BKD dan James Silaban, SH tetap menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Penetapan pelantikan dan pengukuhan Rotasi/Mutasi pejabat Tinggi Pratama dilaksanakan melalui hasil tindak lanjut Uji Kompetensi pejabat pimpinan Tinggi Pratama dan telah mendapat surat rekomendasi dari wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-3592/KASN/10/2019 tanggal 28 Oktober 2019 perihal Rekomendasi uji kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Tobasa.

Pelantikan hari ini adalah bagian dari upaya penyegaran dan peningjatan kinerja terutama harus dimaknai dari sudut kepentingan organisasi bukan sekedar penempatan figur figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

Pengembangan karir bukan semata mata kepentingan pegawai yang dilantik melainkan untuk mengutamakan pembenahan dan pemantapan organisasi untuk meningkatkan kinerja penyelenggara tugas dan pelayanan publik teyap berjalan secara khusus dalam perioritas program pembangunan di Kabupaten Toba Samosir.ungkap Ir.Darwin Siagian Bupati Toba Samosir dalam sambutan dan arahannya.*