TOBASA-Natal Pomparan (Keturunan) Raja Sonak Malela Boru, Bere Ibebere se Kabupaten Toba Samosir yang digelar di depan Monumen Pusaka Padan Raja Sonak Malela tepatnya di badan jalan Negara Jalan Lintas Sumatera pada ruas jalan Sisingamangaraja XII Kota Balige Kabupaten Toba Samosir Minggu, (15/12/2019) dihadiri ribuan Pomparan Raja Sonak Malela Boru, Bere, Ibebere yang hadir dari 16 Kecamatan Kabupaten Toba Samosir.

Pesta Natal digelar dengan berbagai hiburan yang ditampilkan oleh para anak anak dan kaum remaja serta para orang tua keturunan Empat Marga (Raja Simangunsong, Raja Marpaung, Raja Napitupulu dan Raja Pardede) anak Raja Sonak Malela berikut dengan penampilan Artis lokal dari Binter Jaya Musik Balige.

Djojor M Tambunan kepada wartawan usai acara menjelaskan, perayaan Natal Pomparan Raja Sonak Malela Boru, Bere, Ibebere se Kabupaten Tobasa adalah ucapan rasa syukur atas kelahiran Yesusu Kristus sebagai juru selamat Dunia.

"Dengan perayaan Natal ini di harapkan kedepan kesadaran dan kerendahan hati seluruh pomparan Raja Sonak Malela untuk saling menopang dan saling membantu dalam berbagai hal di kehidupan bermasyarakat serta meningkatkan rasa kesadaran sebagaimana thema Natal "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang," jelasnya.

St. O.F Pardede Ketua Panitia Natal Pomparan Raja Sonak Malela Boru, Bere Ibebere se Kab.Tobasa kepada wartawan menyampaikan, jumlah yang hadir pada acara perayaan Natal Pomparan Raja Sonak Malela +_ 20 Ribu orang.

Lanjut O.F, dipilihnya lokasi perayaan di depan Monumen Pusaka Padan Raja Sonak Malela tepatnya di Jln.Sisingamangaraja XII Kota Balige yang memakai setengah Badan Jalan Negara Lintas Sumatera adalah untuk menunjukkan kepada seluruh pomparan Raja Sonak Malela di seantero belahan Dunia ini akan berbagai Pesan dan Petuah yang diwariskan Raja Sonak Malela kepada keturunanya di Monumen Pusaka ini.

Disamping itu, melalui peryaan Natal ini menunjukkan bahwa Kota Balige dan kawasan pinggiran Danau Toba Balige adalah Kampung (Parhutaan) milik Raja Sonak Malela dengan anaknya yang Empat Marga, itulah yang disebut "Balige Raja).

"Dimana Raja Sonak Malela adalah anak ke 4 dari 4 bersaudara anak dari Raja Sibagot ni Pohan yakni Tuan Dibangarna, Tuan, Somanimbil, Tuan Sihubil dan Raja Sonak Malela yang paling Bungsu (Siampudan). Ke tiga saudaranya telah memiliki Kampung (Parhutaan) di belahan Tanah Batak ini dan Raja Sonak Malela lah yang tinggal menempati Balige Raja (Kota Balige ibu kota Kab,Tobasa saat ini)," jelas O,F Pardede.

Lanjutnya, Pesan (Petuah) Raja Sonak Malela kepada seluruh Keturunananya dari anaknya yang 4 Marga (Simangunsong, Marpaung, Napitupulu dan Pardede serta Boru, Bere, Ibebere) yang dituliskan di Monumen (Bintatar Naga Baling) di Kota Balige Tobasa ini hatuslah dipahami dan di camkan dalam pergaulan dsn perjalanan kehjdupan masing masing oleh seluruh keturunanya (Pomparan).

Sebagaimana Pesan Raja Sonak Malela "Sisada Rona, sisada lulu anak sisada Lulu Boru, sisada lulu Tano sisada Pakkilalaan, Anak na sojadi masibola - bolaan, Boru naso boi masitindian, sada songon daion aek unang mardua songon Daion Tuak" berikut Hotor Hotor si Tolu Gistang yang berarrti "satu di gerakkan semua merasa dan langsung bergerak secara serentak".Tona (Pesan) Raja Sonak Malela ini adalah ungkapan dari Thema Natal Pomoaran Raja Sonak Malela tahun ini "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang".

Ditegaskannya, melalui semangat Natal yang digelar di depan Monumen Pusaka Raja Sonak Melela ini menunjukkan bahwa keturunan Raja Sonak Malela Bona Pasogit mendukung penuh peningkatan dan pembangunan pariwisata khususnya Pariwisata Kebudayaan dan berharap kedepan Monumen Pusaka Raja Sonak Malela ini bisa menjadi salah satu Ikon Pariwisata.

"Dengan perayaan Natal ini, mari satukan hati dan tekad menuju persatuan menuju kehidupan yang lebih baik kedepan bagi seluruh masyarakat Kab,Toba Samosir secara khusus pomoaran Raja Sonak Malela Bona Pasogit (Toba Samosir) khususnya Dunia.

Di penghujung Acara lagu "Raja Sonak Malela" mengguncang kota Balige membuat para undangan dan keturunan Raja Sonak Malela yang hadir pada perayaan Natal tersebut berjoget ria.*