Home >  Berita >  Peristiwa
Baru Selesai Dikerjakan

Proyek Jembatan Penghubung Berbiaya Setengah Milliar di Kecamatan Dolok Panribuan Sudah Longsor

Proyek Jembatan Penghubung Berbiaya Setengah Milliar di Kecamatan Dolok Panribuan Sudah Longsor
Tampak proyek pembangunan jembatan senilai setengah milliar di Kecamatan Dolok Panribuan baru selesai dikerjakan sudah longsor.
Senin, 16 Desember 2019 18:18 WIB
Penulis: Firma Simbolon
SIMALUNGUN-Baru selesai dikerjakan, proyek jembatan penghubung antar Nagori (desa) yakni dusun Haporusan Nagori Gunung Maria dan dusun Lumban Pea Nagori Negeri Dolok Kecamatan senilai setengah milliar sudah longsor.

Informasi dihimpun dari warga setempat bermarga Silalahi proyek pengerjaan jembatan penghubung antar Nagori tersebut baru selesai dikerjakan kurang lebih satu minggu yang lalu.

"Baru seminggu yang lalu selesai dikerjakan namun sudah longsor bagian sisi jembatan. Lihat saja bang, sisi jembatan ini sudah longsor. Kita khawtir lama-lama ini semakin tergerus hingga mengakibatkan bagian badan jembatan ini akan ikut longsor, "ujar Silalahi seraya menunjukkan bagian sisi jembatan yang sudah longsor dilokasi, Senin (16/12/2019) sekira pukul 14.30 WIB.

"Kami berterima kasih kepada Pemkab Simalungun atas dibangunnya jembatan penghubung ini, namun yang kami sesalkan pihak rekanan sepertinya kurang memperhatikan kualitas pengerjaannya, sehingga sisi badan jembatan sudah longsor. Kami berharap sebelum makin melebar kebadan jalan supaya segera diperbaiki, "ujar Silalahi.
Ads

Senada warga lainnya marga Siregar mengatakan sangat menyayangkan pihak rekanan yang mengerjakan tidak memperhatikan sisi badan jembatan sehingga baru selesai dikerjakan sudah longsor. Apalagi saat ini masih musim penghujan kemungkinan akan semakin melebar tergerus, "ucap Siregar dilokasi jembatan.

"Saya setiap hari melewati jembatan ini karena memang satu-satunya jembatan menghubungkan ke Nagori lainnya, jadi sangat vital dilalui warga. Kami juga kecewa dengan pihak rekanan, karena kemarin berjanji akan memperbaiki jalan uang rusak akibat dilalui mobil saat mengantarkan material bangunan kelokasi jembatan saat pengerjaan, namun setelah selesai dikerjakan janjinya tidak direalisasikan, "keluh Siregar.

"Kami warga disini akan bergotong-royong memeperbaiki jalan ini hingga kembali layak dilalui asa bahannya seperti batu padas disediakan pihak rekenan yang telah berjanji sebelumnya. "Saat media ini menanyakan siapa pihak rekanan yang mengerjakan, Kalau tidak salah bermarga Nainggolan, "ujarnya.

Sementara itu amatan media ini dilokasi sisi badan jembatan sudah longsor, dan tembok jembatan ada yang belum diplester, dan penahan tanah dibadan jembatan hanya dibuat trilplek bekas.

Sesuai plank proyek yang ada dilaokasi tertulis, Pemerintah Kabupaten Simalungun, Dinas Pekerjaan Umum. Nama kegiatan, Pembangunan Jembatan Penghubung Lumban Pea-Haporusan Nagori Negeri Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan. Volume Pembangunan Jembatan Beton Sep 7.50 meter, dengan nilai kontrak Rp.579.343.674.00 Sumber Dana APBD TA 2019. Kontraktor CV Karya Mas Mandiri. Hingga berita ini dikirimkan ke redaksi pihak rekanan belum berhasil dikonfitmasi.*
www www